Long Journey to Amerika Part 1

...Long Long Journey...

Long Journey to America. Judul ini ku ambil karena perjalanan Indonesia-Washington, DC yang menempuh beratus ribu mil dan kurang lebih 30 jam! Pengalaman ruang dan waktu yang wew..dahsyat dan melelahkan! (lebaikah?tidak..!!).

Orientasi YES 2009/2010 Indonesia
Bermula dari seleksi yang ku ikuti sejak April 2008 (tuh kan bener2 Long Journey), 5 tahap (huh tuh kan!), bolak-balik Semarang-Kebumen, Kebumen-Jakarta (wuh tuh kan lagi!), dan akhirnya alhamdulillah lolos seleksi ini dan harus mengikuti orientasi nasional sebelum berangkat ke Amerika Serikat (iya! Amerika Serikat!!).
Tanggal 19-20 Juli 2009 ada Orientasi Chapter Semarang di Bungalow Rumah Watu Lawang , aku datang bersama ibuku. Seminggu kemudian, tanggal 29 Juli - 7 Agustus 2009 diselenggarakan Orientasi INAYPscNH 2009/2010 di Wisma Handayani. Sebanyak 121 siswa mengikuti orientasi ini dengan rincian sbb :

Program YES - USA 99 siswa
Program AFS - USA 4 siswa
Program AFS - Germany 4 siswa
Program AFS - Switzerland 3 siswa
Program AFS - Italy 3 siswa
Program AFS - Perancis 2 siswa
Program AFS - Belanda 2 siswa
Program AFS - Belgium-FL 2 siswa
Program AFS - Belgium-FR 1 siswa
Program AFS - Norwegia 1 siswa

Aku termasuk dalam 99 siswa penerima beasiswa YES (Youth Exchange and Study) 2009/2010. Kami ber99 ini kemudian bergabung menjadi 121 dalam sebuah pertunjukan akbar. Kami ber-121 show talent kami di acara Farewell Party INAYP 0910 di Pusat Perfilman Usmar Ismail. Berkat bimbingan kakak2 kami bisa menampilkan sebuah talent show bertemakan "Karunia Bhinneka Tunggal Ika". Acara ini berkesan sekali, dimana kami semua mempersembahkan sebuah pertunjukkan untuk orangtua tercinta, dan penyematan pin merah putih, wah nggak bakal terlupakan deh! Dan yang pasti, rasa haru karena akan berpisah dengan orangtua, keluarga, kakak2, teman2 dan orang2 tercinta lainnya. Inilah yang selalu membakar semangat kami untuk merealize misi kami, demi tanah tumpah darah Indonesia (btw..tinggi bgt ngomongin soal Indonesia yak?)

Dan yang ku nanti-nanti pun datang juga. H-3 sebelum berangkat Kak Sari ngasih tau kalo aku udah dapet placement di Florida..!! SO, welcome Florida..!!

Hari demi hari (ceilahh...) pun terus berlalu, tanpa terasa tanggal 8 Agustus 2009 sudah tiba!Ke US Embassy udah, ketemu Bapak Duta Besar udah, Farewell udah.. Artinya kami harus sudah siap membawa diri dan koper dan tas dan....tujuan kami (getting seriously). Dan tepat hari itu adekku ulang tahun ke 13-selamat ulang tahun Nda..!- Setelah foto angkatan, kami melaju ke Bandara Soekarno-Hatta dengan penuh harapan ketemu orangtua dan keluarga dengan segera. Masih teringat jelas betapa kangennya sama mereka saat ituu..

Setiba di bandara, kami melihat wajah2 yang tidak asing. Wajah2 dan sosok yang selama ini menemani perjalanan kami. Mendorong, memberi semangat, dengan peluh dan segenap usaha mereka, demi prestasi putra-putrinya, dengan segera mereka mencari putra-putrinya. Bahkan ada yang udah meneteskan air mata. Tapi aku, nggak tau kenapa susah banget nangis disaat2 itu. Rasanya biasa aja, atau mungkin aku nggak tau harus berkata apa lagi. Udah terlalu penuh pikiranku. Everything's complicated. Mungkin memang ini saatnya melabuhkan semua penat yang selama ini membelenggu. Mereka terlalu berharga, hingga kata2 dan air mata tidak akan pernah sebanding dengan apa yang sudah mereka berikan padaku. Dan aku pun menghampiri mereka. Ibu, Bapak, adek2, Mbah, Bulik, Bude, mereka bangga padaku, mereka menaruh harapan padaku, aku bisa melihatnya. Dan, inilah tantangannya. Kepercayaan yang mereka amanatkan padaku. Ditengah perbincangan kami yang penuh kehangatan dari sebuah keluarga (dengan keterbatasan waktu yang kurang lebih hanya 2 jam), aku sadar sepenuhnya ini bukan mimpi. Ini bukan mimpi. Dalam sekali perasaanku saat itu. Tapi belum nangis juga aku. Hingga kakak2 mengumumkan waktu sudah habis (padahal flight masih 2 jam lagi), aku memeluk mereka satu persatu. Dan saat itulah tertumpahkan. Tangis dan air mata yang cuma sekejap, namun bermakna dalam sekali.

Dan..all my bags packed i'm ready to go..sampai jumpa semuanya, kami pasti kembali dengan bingkisan pemberi harapan. Bon voyage...!!!

Comments