Tuesday, February 14, 2012

FK UNPAD, A Real Bless to Me

A bit about FK Unpad :)

Okay, berikut ini adalah pertanyaan yang sering ditanyain kemarin-kemarin.

Masuk lewat apa? Kuotanya berapa?
Biayanya gimana?
Susah ga kuliah di jurusan itu?
Biaya hidup dan kehidupan di sana?

Kali ini saya tulis generalnya aja ya :)

Fakultas Kedokteran Universitas Padjadjaran

JALUR MASUK
SNMPTN
1. Undangan: 19 orang
2. Tulis: 156 orang

SMUP
Kuota 40 orang, seleksi SMUP didasarkan pada nilai SNMPTN, bukan tes lagi


BIAYA
Sumbangan masuk (biasa dikenal juga dengan biaya pembangunan), minimal adalah
SNMPTN Tulis/Undangan : Rp 4.000.000,00
SMUP : Rp 177.000.000,00

SPP
SNMPTN maupun SMUP sama, Rp 2.000.000,00 per semester

Biaya Praktikum
Sudah termasuk dalam SPP

Asrama
Kamar berempat Rp 4.000.000,00
Kamar berdua Rp 7.500.000,00

Teman-teman STATERA 2011 di rektorat baru

PROGRAM
Reguler, buat mahasiswa Indonesia, tidak ada pemisahan antara mahasiswa dari SNMPTN dan SMUP, semuanya dicampur.
KPBI, untuk mahasiswa Malaysia yang seleksi lewat SMUP.
Twinning Program

FASILITAS
Seperti FK pada umumnya, ada:
1. Ruang Kuliah (Gedung A2, A3, A4, A5)
2. Ruang Kegiatan Mahasiswa
3. Mushola Assyifa
4. Plaza
5. Lapangan parkir :D
6. Berbagai Laboratorium dan Departemen yang saya belum apal :D
7. Student Café
8. dan lain lain

Ada 1 fasilitas istimewa khusus buat mahasiswa tahun pertama yaitu Bale Padjadjaran

BALE PADJADJARAN
Jadi, FK Unpad mewajibkan mahasiswa tahun pertama untuk masuk asrama yang bernama Bale Padjadjaran. Dan tahun kedua, wajib keluar.
Saya meraskana manfaat yang luar biasa dari asrama ini antara lain:

1. Mengenal teman-teman dalam 1 angkatan
Ga mungkin kenal 234 orang dalam waktu setahun tanpa asrama. Dengan asrama ini saya jadi kenal mereka hamper semuanya dan itu sangat penting bagi mahasiswa kedokteran karena kesejawatan ketika menjadi dokter itu sangat penting (kata dokter yang mengajar saya)

2. Belajar bareng
Materi kedokteran sangatlah banyak (bayangkan saja dalam 1 hari kita bisa belajar sampai 3 bab, dan itu hanya belajar tentang karbohidrat, lipid, dan protein saja). Jadi, belajar bersama sangatlah penting apalagi untuk saling menambah materi, tukar pikiran, dan  berdiskusi. Bahkan saya memaknai kuliah di kedokteran itu lebih dari sekedar persaingan individu. Team work penting banget.

3. Kenyamanan
Di bale itu………nyaman :’) Apalagi saya di lantai 3, kalo mau lihat pemandangan tinggal tengok jendela. Belakang bale ada saung. Suasananya udah homy dan hijau banget deh di sini. Super nyaman (kecuali kalo udah suasana ujian, itu super intimidasi -__-).

4. Dimudahkan
Secara ya, anak baru belum tau apa-apa tentang Jatinangor pasti butuh tempat berlindung :D Ada ibu bale, pak satpam, orang-orang yang menjaga disana, jadi kerasa suasana asrama yang rame tapi kondusif lah buat belajar (gayanyaaa kayak belajar aja :D)

Bale Padjadjaran

Segitu aja dulu, nanti kalo ada kesempatan saya tulis tentang apa saja yang dipelajari di semester pertama FK and why FK Unpad is a real bless to me.
Semoga informasi ini bermanfaat!

160 comments:

  1. makasih banyak ka untuk infonya sangat membantu:) maaf ka, dulu kaka masuk fk unpad via jalur apa ka? kalau saya coba jalur tertulis passing grade fk tinggi2 dan pg saya saat to masih 40%anka, masih jauh. mungkin ada sarankah ka? kalau ada waktu tolong dibalas ya ka komennya, di blog ndeso saya. http://www.chacangrace.blogspot.com

    makasih banyak ka, salam sukses!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya lewat SNMPTN Tulis. Wajar kok dulu saya juga pernah dapet nilai TO segitu bahkan lebih rendah. Terus aja latih kerjain soal, targetkan >= 60% untuk bulan Mei (angka ini dpt dr berbagai sumber, hehe). Banyak berdoa, jangan panik, tenang aja (tp tetep beraksi ya)dan....bikin strategi buat pilihan snmptn nanti :)semangat!

      Delete
  2. wah, itu hebat sekali ka! semester 1 kemarin saya masuk 50 % kelas, waktu itu snmptn undangan diambil 50 % setiap kelas reguler. namun pada akhir januari kemarin ternyata snmptn undangan diambil 50 % sekolah program ipa maupun ips. setelah dirankingkan saya dapat ranking 99 dari kurang lebih 210 siswa IPA yang sudah ditambah kelas aksel. lalu raport2 tsb dikasih ke pusat, di atas berkehendak lain saya tidak masuk undangan karna yang diambil 89 siswa IPA sudah termasuk aksel yang 100 %. saya cukup sedih saat itu dan berniat ga mau coba tertulis karna passing grade saya masih jauh dibawah rata2 untuk masuk fk. dan saya mau masuk swasta saja. maaf ka, apakah saya masih bisa mengejar 20%an lagi sedangkan snmptn ga lama lagi? dan boleh tolong berikan saran cara belajar efektif ka?

    maaf ya ka banyak nanya, sebenarnya pertanyaan yang saya lontarkan seharusnya hanya saya yang bisa menjawab karna pada akhirnya semua tergantung usaha dan doa. makasih! jika ada waktu, tolong dibalas via shoutbox ka.

    salam sukses ka!

    ReplyDelete
  3. Kakak, mau numpang tanya nie, kalau lewat snmptn undangan nilai rata2 min 85, kira2 menurut kakak bisa gga menembus FK UNPAD?
    Ohh iyya, biaya yang dibayar 1 kali itu, kalau untuk tahun 2012 ini, apa jauh beda dari th sebelumnya yang hanya 20 jt?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jujur saya ga tahu yang di nilai dari SNMPTN itu apanya. Ada yang bilang nilainya, stabilitasnya, malah ada isu pemerataan buat daerah-daerah. Jadi mending pilih aj kalo emang pengennya ke sini, di coba dulu Indy. Dulu juga saya pilih FK** via undangan tapi ga masuk.
      Kayaknya hampir sama sih, tapi 20juta itu maksudnya biaya yang mana ya?

      Delete
  4. kak, mau nanya nih... sumbangan msuk beneran 4 jt kak?
    trus biaya SKS nya gimana?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener, waktu tahun saya begitu. Itu minimal, mau lebih boleh. Semua fakultas sama sumbangan masuknya.
      Ga ada biaya SKS dek, biayanya per paket. Total cuma 2juta aja per semester. Biaya pendidikannya itu aja kok udah.

      Delete
    2. oh, iya kak.
      SMUP itu yang nyetor rapor sama nilai SNMPTN yahh kak ?.
      sumbangan masuknya berapa ?

      Delete
    3. bukan, nilai SNMPTN aja kok. sumbangan tahun 2011 kemaren 177juta

      Delete
    4. kalo biaya koas gituu berapaan kak ? hehehe

      Delete
    5. biaya koas tu maksudnya yang gimana ya? saya belum tau. tenang aja dek, jalani aja yg didepan mata, never worry too much about tomorrow ;)

      Delete
    6. kalau utk 2012 , udah ada penetapan biaya ga kak? naik apa tetap ?

      Delete
  5. ka doain saya yah,,,,, snmptn tulis......
    masuk fk unpad... aminnn...

    ReplyDelete
  6. mau nanya kk, bedanya SMUP sma SNMPTN tulis/undangan apa???
    kan SMUP jg diambil dr nilai SNMPTN??

    ReplyDelete
    Replies
    1. ya, mulai tahun ajaran 2011 hasil SMUP didasarkan pada SNMPTN.
      bedanya:
      1. waktu: pengumuman SNMPTN duluan, tapi biasanya sebelum pengumuman SNMPTN pendaftaran SMUP sudah dibuka. jadi selese pengumuman SNMPTN tinggal nunggu pengumuman SMUP aja.
      2. Biaya masuk/dana sauyunan: untuk Pendidikan Dokter,SNMPTN minimal 4juta, SMUP minimal 177juta.biaya per semester sama.

      Delete
  7. kak,,,biaya kuliah/semester dan sumbangan awal melalui undangan brp ya kak??/

    ReplyDelete
    Replies
    1. sumbangan awal minimal 4 juta
      SPP 2 juta

      Delete
  8. kalo biaya masukny brp?

    ReplyDelete
    Replies
    1. biaya masuk=sumbangan awal,
      seperti yg sudah disebutkan diatas 4juta rupiah kalo via snmptn

      Delete
    2. kira2 uang pertama masuk kita harus nyiapin brpa?

      Delete
    3. biaya masuk via snmptn 4 juta
      biaya semester satu 2 juta
      asrama bale padjadjaran (wajib) 4-7,5 juta
      ya 15 juta deh kotornya, sama persiapan buku dan lain-lainnya

      Delete
  9. kak semoga pilihan saya tepat kak. doakan saya kak agar bisa menjadi dokter yang amanah aamiin

    ReplyDelete
  10. maaf kak, mau tanya dong. kegiatan yg dilakukan di fk unpad apasaja? terutama tentang materi apa saja yg dipelajari?

    ReplyDelete
    Replies
    1. kegiatan akademik ya kuliah senin-jumat. ada kuliah bersama, skills lab, lab activity, sama tutorial, itu semua wajib.
      kegiatan non akademik banyak, ada 23 UKM (semacam ekstrakurikuler).banyak banget kegiatan, jadi ga bosen gitu.
      kalo yang dipelajari yaa, tahun pertama ada FBS (fundamental basic science)-semacam ngulang SMA gitu. seterusnya belajar sistem, ketrampilan klinik, dll. banyak dek

      Delete
    2. tutorial itu apa kak? cara belajar di kelasnya pake pbl juga ya kak?
      kak, itu kalo jalur smup biaya praktikumnya beda lagi ya kak?

      Delete
    3. PBL itu kalo ga salah kurikulumnya,jadi kita belajar berdasarkan masalah yg ada, gitu.

      Tutorial itu, belajar dlm kelompok kecil (kurang lebih 11 orang) dibimbing sama satu dokter, kita dikasih kasus terus brainstorming buat bikin Learning Issue/LI (semacam materi yang harus dipelajari dari kasus itu). Nanti di pertemuan berikutnya, semua anak presentasi ttg LI masing-masing. Jadi kita semua belajar dr temen sendiri, diawasin sama tutor/dokternya deh.

      Tapi tiap univ beda, ada yg tutorialnya wajib, ada yang ga, ada yang diutamakan, ada yang ga terlalu, tergantung kebijakan univnya. Nah kalo di fk unpad wajib, soalnya penting buat ujiannya.

      Dari SMUP ataupun SNMPTN ga ada biaya praktikum. Adanya biaya per semester 2juta aja, itu dah cover semua kegiatan akademik.

      Semoga pertanyaannya terjawab ya Tessa :)

      Delete
    4. oke kak, terimakasih kak.
      maaf ya kak banyak nanya, hehe :D abisnya aku banyak nggak ngertinya kak. hehe :D

      Delete
    5. kak, aku mau tanya dong. itu tempat fakultas kedokterannya daerah sumedang?

      Delete
    6. yap, di jatinangor, deket IPDN :)

      Delete
    7. kakak aku mau tanya dong tentang SOCCA? SOCCA apa ka?

      terimakasih

      Delete
    8. itu ujian oral, presentasi kasus yang udah pernah dipelajari gitu didepan penguji, ada 2 dokter penguji. dipresentasikan secara sistematis, kasusnya diacak dan dikasih 30 menit buat persiapan dan 20 menit presentasi :)

      Delete
    9. oo, itu socca berlaku buat fkg juga kak? kalo fkg ujiannya pake bhs.inggris juga kak, sama ujiannya kayak fk?

      Delete
  11. mau nanya kaka, kalau angkatan 2011 ada yang masuk fk unpad di pilihan ke dua gak ka? makasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. ada kok beberapa temen, setau saya lewat snmptn tulis

      Delete
  12. Slm knal ka.. :)
    saya mau tnya nih ka, sputar sleksi msuk antara smup & snmptn,
    gini ka.. ngmng2 mulai dr thn 2011, kan hsil smup itu brdsarkan dr hasil dr snmptn...
    prtnyaan sya, knpa ada sleksi lwt smup ya ? (yg biaya nya jauh brkali kali lipat lebih mahal dr snmptn) klo hsil nya itu didasarkan pd snmptn ?
    nah mngkn orng2 akan lbh memilih lwt snmptn aja klo dibndingin smup yg lebih mahal, coz hasil msuk smup nya jg brdsarkan snmptn...,,
    nah jd buat apa ada sleksi lwt smup ya ?
    hihihi * prtnyaan yg msh sya bkin pnasaran... :D
    mksh sblmnya.. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. salam kenal juga Nita,
      ini berarti lebih tentang biaya ya pertanyaannya.

      pernah denger subsidi silang ga?
      nah menurut cerita yg saya denger (dan buat saya logis, dan bisa saya terima penjelasannya) ada semacam subsidi silang untuk biaya kuliah. ini bukan utk kedokteran aja.
      sbg contoh,pernah ada artikel yang bilang kalo idealnya biaya kuliah kedokteran itu 30juta semester. 30 juta itu bukan cuma buat bagus-bagusin gedung kok atau gaya aja. tapi buat sarpras kuliah juga, bayangin coba manequin yg buat praktikum, itu harganya 70juta rupiah! belum lagi preparat lainnya, riset, alat lab. mungkin banyak orang blg kuliah di fk banyak duit ya, kalo buat saya sih itu wajar, karena yg kita lakukan&pelajari itu berhubungan lgsg sm tubuh&kesehatan orang, dan udah pasti alat-alatnya harus memadai. kalo ga pake alat, masa mau pake manusia asli ntar digebukin dong.hehe

      nah dengan biaya ideal segitu (30juta tadi yg saya sebutkan), kalo orang yang kurang mampu gimana dong, padahal mereka punya kemampuan buat kuliah?
      tapi, disisi lain, kalo semua orang bayar 2 juta, gimana bisa kita belajar pake fasilitas yang bagus (walopun sebagian masih import).

      nah, disitulah subsidi silangnya, untuk saling melengkapi. justru ini lah yg menurut saya adil. adil menurut saya itu ga selalu sama dalam arti lain, orang yang 'maunya' dan 'mampunya' lewat snmptn ya masuk lewat SNMPTN. tapi kalo ada orang yang 'mau' dan 'mampu' lewat SMUP, ya daftar lewat SMUP. iya sih semuanya pengen masuk lewat SNMPTN, tapi, SMUP jg ga wajib kan, jd yg milih SMUP pasti udah tau konsekuensinya apa.
      #oya SMUP ini diikutin pelajar dr Malaysia juga lo.

      mungkin itu juga alasan universitas lain ada jalur mandiri juga, cuma, caranya dibedakan, mereka ada kebijakan sendiri.

      nah, itu maksud saya subsidi silang. dan, bukan cm dari mahasiswa aja, tp dari pemerintah jg. pemerintah dr masyarakat. makanya kalo anak kuliahan hrus berkontribusi kepada masyarakat (pengabdian kepada masyarakat contohnya, dan di fk unpad udah banyak), soalnya sebagian fasilitas yg kita punya dibiayai mereka juga.

      jadi, SMUP itu ada untuk memfasilitasi orang-orang yg 'mau' dan 'mampu' pake jalur SMUP.
      begitu Nita, semoga terjawab :)

      Delete
  13. ka,saya pengen tanya kalo lewat smup kedokteran itu kmungkinan masuknya di liat dari hasil snmptn atau di lihat dari bnyaknya biaya sumbangan(pa gede-gede sumbangan ).

    terus ka kalo ikutan smup ada berapa pilihan jurusan ? 1 aja atau dua ka?

    makasi sebelumnya ka :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. kayaknya ga di lihat gede-gedean sumbangan deh, soalnya smup fk itu udah dipatok minimal 177juta. menurut saya sih lewat nilai snmptn (terbukti temen2 saya yang lewat snmptn maupun smup jago-jago di sini.hehe)

      kalo teknisnya tentang smup saya kurang tau, coba dateng ke websitenya atau telpon unpad langsung :)

      Delete
  14. itu asramanya buat satu tahun yng 4jt sm 7,5 jt nya ya kaaak???

    ReplyDelete
    Replies
    1. 7,5 juta untuk sekamar berdua
      4 juta untuk sekamar berempat

      Delete
  15. Ka, kalau fakultas lainnya per semester 2jt sudah termasuk praktikum jg?

    Terus biaya masuknya kira2 antara berapa juta ya seluruhnya?
    Terimakasih :)

    ReplyDelete
  16. kak, mahasiswa yg masuk lewat SMUP , masih bisa dapat beasiswa gitu gak di SBK ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. kurang tau teknisnya, coba ditanyain aja ke SBK :)

      Delete
    2. kalo nty udah di nyatakan lulus smup, apa harus ke jatinangor untuk daftar ulangnya ? soalnya aku jauh bt kak di sul sel ...

      Delete
    3. kayaknya iya Nin, nanti sekalian ospek univ kok kalo ga salah

      Delete
  17. Adhar DzikrillahJune 29, 2012 at 6:21 AM

    makasih ka atas infonya :)
    kaka doain ya supaya saya diterima di FK UNPAD lewat SNMPTN tulis. :)))))))

    ReplyDelete
  18. kak., kan klo biaya spp nya per semester itu 2juta, selain itu ada biaya lainnya ga yg perlu dibayar juga?

    ReplyDelete
    Replies
    1. officially itu aja. lain-lain biaya beli buku paling yang mahal, tp bisa kita atur kok

      Delete
  19. Ka aku mau tanya, kalo tutorial itu sama presentasinya menggunakan bahasa inggris? Dan kalo ujian sooca nya jg mnggunakan bhsa inggris? Kelas reguler di fk unpad dicampur dengan mahasiswa malaysia dan india juga?

    ReplyDelete
    Replies
    1. kebanyakan terminologi yang kita pake memang bahasa inggris. tapi presentasi oral ga kok, indonesia aja. ujian sooca isunya tahun kedua mau pake bahasa inggris. ujian tulis pake bahasa inggris.
      ya, kelas reguler dengan kelas KPBI digabung, gak ada yang dari India, KPBI semuanya dari Malaysia hanya saja kebangsaannya ada yang Melayu, Cina, India.
      :)

      Delete
  20. kak mau tanya biaya smup awal yg 177 juta bisa dicicil ga kak? ga langsung bayar sgtu diawal apa boleh?

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah saya kurang tau tuh, coba tanya bagian tata usaha aja ya

      Delete
  21. Ass. ka mau tanya apa bedanya kelas reguler dan kelas internasional? Apa kelas reguler selalu pake bhs indo apa ada bhs inggrisnya jg? Nanti metode pembelajarannya pakai bhs inggris atau bhs indonesia?

    ReplyDelete
    Replies
    1. kurikulum hampir sama.
      kalo kelas reguler, kuliahnya 3,5 tahun S1+1,5tahun koass di RS Pendidikan. terdiri dari mahasiswa indonesia dan malaysia KPBI.

      kalo kelas international (saya ga yakin namanya kelas internasional, tapi sebut saja begitu dulu) disini disebut twinning program. terdiri dari anak malaysia aja. kuliahnya 3 tahun di FK Unpad, 3 tahun lagi di Univ Kebangsaan Malaysia.

      Baik reguler maupun twinning, kita referensi pake bahasa inggris, termasuk terminologi yang dipake di tutorial&kuliah&skills lab&praktikum. Penyampaiannya oleh dosen, kalo reguler pake bahasa indonesia.

      Delete
  22. Ka mau tanya, belajar di fk itu susah apa g? Lebih dipentingkan logika (matematika) atau memori (biologi)? Apakah di seluruh kegiatan memakai bhs inggris? Sepertinya susah...

    ReplyDelete
    Replies
    1. susah ga-nya trgantung kita. tapi yang pasti harus ulet kalo kata saya, soalnya jadwalnya padat (kuliah, tugas, belum lg organisasi). kata dosen saya malah harusnya tidur cukup 5-6 jam aja.hehe

      kemampuan, menurut saya yg dominan adalah kemampuan analisis. banyak yg bilang belajar di fk itu hafalan, padahal sebenernya kita dituntut bisa mikir secara sistematis. belajar untuk menyambungkan satu hal dgn lainnya, diagnosis, mekanisme terjadinya penyakit yg sangat detail, dsb. jadi bukan dominan hafalan, cepet lupa ntar kalo ngapal mah.

      kalo logika itu pasti, tapi kalo matematis ga ada kok. kalo memori, ada sih, kayak anatomi tuh harus apal. tapi berhubung di fk unpad kita belajar dari kasus, nanti dengan sendirinya kita terbiasa sama istilah2 medis dan anatomi tubuh.

      Delete
  23. kak,kan di fk unpad wajib asrama 1 tahun itu.kalo keluar asrama kita baru cari kost-an atau dari awal masuk asrama sudah siap kost an? soalnya takut2 ditahun kedua semua tempat kost sudah penuh, dn saya ga punya sodara di sana :( solusinya gimana ya kak?

    terus,kalo mau apply keringanan di sbk thun pertama sdh bisa? sblm atau saat sdh menjalani perkuliahan?
    makasih banyak yaa kak.sukses :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. cari kosannya ntar aja sekitar bulan januari atau maret, ada kok tenang aja :)

      biasanya ada kok di tahun pertama, rajin2 tanya sbk aja ya.hehe

      Delete
  24. kak, bahas lagi dong ttg Bale Padjadjaran. gimana fasilitasnya, peraturan2nya, dll.. thx :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. nanti deh boleh, tapi ntar dikasih bukunya kok. pokoknya di bale super enak deh :')

      Delete
  25. masa fk unpad 2jta/smster ? kirain sampe ratusan juta, tapi trnyata masih bisa lewat snmptn....cuma saingan masuknya bnyak bgt....

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya, officially ga ada tambahan biaya apapun lagi. buku pun itu terserah kita sendiri mau gimana :)

      Delete
  26. ka kalo yang masuk via SMUP itu biaya awalnya bisa minta keringanan engga? atau engga bisa di cicil tidak ka? terus kalo jalur undangan FK unpad minimal rangenya berapa ya ka? makasih atas jawabanya ka. aku mau banget masuk FK unpad doain ya ka :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. sepertinya enggak deh. tapi tahun ini katanya biaya SMUP 90juta.kalo jalur SNMPTN (baik tulis atau undangan) tahun 2011 biayanya 4juta. sip semangat Dini! :)

      Delete
  27. Ka mau tanya nih, tahun sekarang kan snmptn tulis dihapus, jd kalo SMUP nanti dilihatnya dari nilai apa? Ato diadakan semacam tes tulis lg? Yg kedua, biaya sumbangan yg 177 itu wajib? Bagi yg keberatan/tdk mampu gmn ka?

    ReplyDelete
    Replies
    1. 177 itu wajib buat yang SMUP. tapi biaya SMUP bisa berubah.
      kalo maslah SNMPTN saya kurang tau nih. coba ditunggu info dari sekolah aja :)

      Delete
  28. teringat benar aku kak sama perjuangan beberapa bulan yang lalu,betpa kasiannya diriku ditolak fkup 2 kali.
    padahal smup udah yakin bisa.waktu snmptn dapat pg berapa kak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah semangat! pokoknya selalu introspeksi aja. dan pasti yang dikasih sekarang adalah yg terbaik dan siapa tahu masih ada kesempatan nanti setelah ini :)
      PG? nilai maksudnya ya, ada lah. kalo diitung pake kunci NF sama kunci GO beda hasilnya gitu, intinya lewat PG minimum yg ada di buku panduannya :)

      Delete
  29. Assalamu'alaikum mba putri :)
    perkenalkan saya salah satu adik kelas mba sewaktu SMA di SMANSA Kebumen
    mba saya pengin tanya mahasiswa kebumen yang kuliah di Unpad ada berapa ya mba? khususnya di FK?
    mohon jawabannya
    terima kasih mba :)

    ReplyDelete
  30. Assalamu'alaikum mba putri :)
    perkenalkan saya salah satu adik kelas mba sewaktu SMA di SMANSA Kebumen
    mba saya pengin tanya mahasiswa kebumen yang kuliah di Unpad ada berapa ya mba? khususnya di FK?
    mohon jawabannya
    terima kasih mba :)

    August 30, 2012 5:08 PM

    ReplyDelete
  31. Kak.. Aku mau nanya, Kalau lewat jalur undangan, nilai raportnya dihitung persemester atau dikalkulasikan sekaligus?? Lalu standart minimal nilainya harus berapa?? dan apakah grafiknya harus konstan naik atau bisa tidak konstan tapi sesuai target nilai rata2 yang telah ditetapkan UNPAD??
    Maaf kak kalau aku terlalu banyak tanya..
    Trimakasih yaa kak :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. saya kurang tahu, coba tanyain guru BK aja ya :)

      Delete
  32. kak, saya mau nanya.
    itu biaya sumbangan ny beneran 4 juta. tapi, kata guru saya biaya ny itu 150 juta kak, jadi mana yg bener kak? minta info ny ya kak ;)

    ReplyDelete
    Replies
    1. yg bener saya, kan saya udah ngalamin :D
      jadi kalo tahun 2011 itu, lewat snmptn 4juta. lewat smup 177juta. tahun 2011 lho ya, kalo tahun selanjutnya mungkin berubah2 :)

      Delete
    2. Kak ... Saya skrg kls 3 SMA ,Saya sangat berminat ke FK UNPAD..tapi karena Saya dari daerah dan ortu g mmpu biaya'n,akhir'y ortu nyaranin jgn msuk FK,, mnrut kaka gmna? apa sy nurut sm ortu sdangkn minat sy ke FK sgt tinggi. apa sy coba dlu ikut snmptn ?
      mohon saran'y ya kak!

      Delete
  33. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  34. hai Kak,salam knal ya.. Ka mau crhat dkit ni,skrng saya kls 3 sma dan lgi sy dri daerah ,tpi minat bgt ke FK UNPAD cman keuangn ortu sngt tdk mndkung,pdhal sy sngt brminat ke FK.. mnrut kkak gmna? apa sy coba dlu ikut snmptn dan ngmbil jrusan pend.dkter ? minta sarannya ya kak,please

    ReplyDelete
  35. Aslmkm kk,,
    saya mau tnya kk, ktny kalau mau masuk FK kdktran harus seberapa pintar sih kk, soalnya byk tmn2 saya yang saya anggap kemampuan mereka udh d atas rata2 msh blm jg lolos kk?

    ReplyDelete
  36. Wa'alaikumsalam.
    gimana ya, bukan cuma kedokteran sih, banyak yg emang diatas rata2 kalo emang belum jalannya ya ga masuk aja gitu. luruskan niat aja, jangan karena pengen keliatan keren atau semacamnya.biar diridain Alloh.hehe

    banyak minta doa sama ibu bapak :D
    dan atur strategi, jangan panik waktu snmptn :)

    ReplyDelete
  37. Assalamu`alaikum..
    Salam Kenal, Kak Putri. :D
    ga sengaja nemuin blognya kk wktu lg browsing info FK UNPAD di mbah google. makasih sebelumnya atas postingan kak putri yg buat sya ckup memberi info. :)
    saat ini saya sdah mnduduki kls 12, besar harapan bisa masuk FK UNPAD. Izin orang tua sudah berhasil saya kantongi (kaya apa aja hehe), tapi terkadang harapan ini juga bikin gigit jari, dan berandai2 lg pada ujungnya. 'bisa ga ya? bisa ga ya?'
    mau nanya kak, sebenarnya apa sih hal terpenting yang ga boleh kita lupakan untuk masuk FK? persiapan apa dan bagaimana? terlebih biar hati ga goyah. biar mantep gitu. hehee
    oh iya satu lg, apa betul biaya yang lewat snmptn segitu kak?
    mohon tanggapannya... terima kasih :D

    ReplyDelete
  38. Wa'alaikumsalam wr. wb.
    wah bagus dong ya :)

    hal terpenting kalo menurut saya:
    1. niat, jangan sampe pengen masuk fk karena pengen keren, gaya, dsb. misal sampe harga mati kalo ga fk pokoknya ga. banyak berdoa&minta diperi petunjuk :)
    2.passion, coba sesuaikan apakah passionnya sudah sesuai belum sm proses belajr nanti di fk. kalo suka analisis, menyambung2kan persoalan, peduli sama orang, pas banget tuh (dan ini bisa diasah). kalo saya, salah satunya karna penasaran banget pengen liat dalemnya manusia kayak apa :D
    3. enjoy, jangan mengeluh. sabar, tenang, atur strategi, minta didoain orang tua, minta sama Alloh SWT biar diberi kekuatan :)

    bener, asli cuma total 6 juta kalo pas aku masuk.
    semangat ya, semoga berhasil Ki :)

    ReplyDelete
  39. assalamu'alaikum ..
    kak, mau nanya ni,strategi kakak buat msuk FK UNPAD apa aja? trus brapa PG FK UNPAD? mohon tanggapan'y ya kak ...

    ReplyDelete
    Replies
    1. wa'alaikumsalam :)
      strategi, banyak kerjain soal aja. terus kalo pas ngerjain SNMPTN, yang cepet dan bener. banyak berdoa, karena saingannya banyak bgt.
      PG saya ga update Lis, itu hanya parameter kasar aja kok :) kalo bisa ngerjain soal ditarget sampe 70% aja :)

      Delete
  40. oouh, bgt y kk,, mksh sblmny kk..:)
    waktu d UNPAD kk tinggal bale gx?
    kalau iy sebenarny Bale itu ap sih kk?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bale itu, asrama wajib bagi mahasiswa tahun 1 FK Unpad. Bermanfaat sekali karena kita dipermudah kehidupannya kalo di bale.hehe

      Delete
  41. Mau memberitahu soal pinjaman lunak pendidikan ini mbak tolong dikirim nomor anak humas sm fknya ke inipaknanang@gmail.com supaya bisa diketahui segenap manusia fk unpad, minta tolong yah mbak putri. You write a such inspiring blogs, it make people to keep move on their life.

    ReplyDelete
  42. alhamdulillah berguna banget ka infonya :""

    oiya ka aku mau tanya,
    -FK unpad lewat jalur undangan min.nilai rapotnya berapa ya ka? apa nilainya harus merata per pelajarannya? nilaiku kurang di mtk, fisikanya ka, tapi di biologi sama kimia lumayan bagus ka dan rata-rata 84,5 apa aku ada kemungkinan diterima ka?

    -lalu apa benar penerimaannya berdasarkan alumni yang pernah disana? soalnya dari sekolahku belum pernah ada ka yang masuk FK unpad

    maaf ya ka kalo pertanyaannya terlalu banyak aku bener-bener pengen diterima di fakultas ini ka jadi ingin tau lebih banyak :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo perihal snmptn undangan dan jalur masuk, saya ga terlalu update nih dek. rajin2 nanya guru BK aja ya :)

      Delete
  43. sekarang udah liat dalemnya manusia, kak? wehehehehe

    oh iya, aamiin.. thanks k`putri :D

    ReplyDelete
  44. asalamualaikum mau tanya kalo yg asrama itu 4jt perbulan atau gimana? makasih :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. wa'alaikumsalam. iya dulu waktu saya ada yg 4 juta dan 7,5 juta. sekarang sudah naik lagi :)

      Delete
  45. kak, brpa lama wktu yg hrus ditempuh untuk jdi dokter umum?

    ReplyDelete
    Replies
    1. 3,5 tahun lulus S1
      1,5 tahun co assisten
      1 tahun internship
      total paling cepet 5 tahun, 6 tahun baru bisa praktik

      Delete
    2. oh gtu ya kak,.oh ya kak,lisa mnta nmer kka supaya bsa tanya2 soal FK UNPAD lbih bnyak,he. klw g k'brtn krim nope kka ke lisa_sman13grt_xiipa1@yahoo.com

      Delete
  46. Kak kalo biaya praktikumnya itu berapa yak ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. ga ada. udah disatukan semuanya jadi 2juta per semester

      Delete
    2. Kakak,,bener nggak kalo UNPAD nggak menerima mahasiswa undangan dari luar daerah???kalo nggak %tase nya berapa ya kak klo undangan milih FK UNPAD tapi berasal dari luar jawa???

      Delete
    3. waduh saya kurang tahu prosentasenya, setahu saya ada yang dari luar jawa barat masuk melalui jalur undangan. kalo yang luar jawa, juga banyak melalui snmptn tulis

      Delete
  47. Ka,kalo sehari-harinya di fk UNPAD belajarnya full english?

    ReplyDelete
    Replies
    1. nggak full, paling kalo sama mhsw Malaysia. dan juga textbook sama bahannya juga bahasa Inggris.

      Delete
    2. oh berarti bilingual ya ka?

      Delete
    3. makasih kaka infonya :3 semoga aku bisa diterima di fk unpad :")

      Delete
  48. HALO KAKAAAAA :D . Nama aku Dwi. Aku dari Bogor. Aku sekarang sekolah di SMAKBO ka (Sekolah Menengah Analis Kimia Bogor). Aku mintaaaaat banget buat masuk FKG UNPAD. Kalau anak SMK bisa gak ya ka masuk FKG UNPAD? Makasiii ka :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo Dwi :) saya kurang tahu, coba dicek ke syarat peserta SNMPTN dan syarat menjadi mahasiswa FKG :)

      Delete
  49. kak mau tanya,
    bener biaya masuk awal, minimal cunma 4 juta ????? untuk tahun 2013 juga apa kk,
    kok kayak ga percaya ada FK semurah itu :o
    jadi biaya per semster 2 jt, udh smuanya ya, termasuk beli mayat segala macem ?
    mohon jawabannya,
    denty alvita sari. SMAN 1 LIWA, LAMpUNG BARAT

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya betul.silakan tanya mahasiswa fk unpad lain (ini yg via SNMPTN lho ya.
      tahun 2013 kurang lebih mungkin begitu. nggak ada beli-beli mayat dek, sudah disediakan.
      biaya per semester 2juta cover semua kegiatan akademik :)

      Delete
  50. apa benar semurah itu kak, biaya awal masuk 4jt. di univ lain minimal puluhan juta looh,,
    untuk th 2013 apa jg begitu kk ???
    mohon jwbnnya :)

    ReplyDelete
  51. iya betul yg lain puluhan juta :)
    biaya kuliah kedokteran standarnya bahkan mencapai 30juta/semester, tapi sesuai kebijakan univ itu bisa disesuaikan (menurut beberapa sumber yg cukup terpercaya). nah untuk fk unpad, kenapa bisa 2juta/semester adalah karena kami disubsidi oleh beberapa pihak dan oleh mahasiswa yg lebih mampu melalui jalur nonSNMPTN :)

    ReplyDelete
  52. asslm...salam kenal kakak,,saya nisa dari aceh..
    infonya sangat membantu sekali kak :D
    kak saya mahu tanya,,ada peluang gak kalo dari aceh bisa masuk FK unpad terus apakah di FK unpad kita harus mahir sekali dalam berbahasi inggris..
    mohon ditanggapi ya kak terimakasih ^_^

    ReplyDelete
    Replies
    1. wa'alaikumsalam. bisa aja, ada teman saya dari Aceh kok, Medan, Padang, Makasar (tp lewat jalur snmptn tulis setahu saya).
      mahir berbahasa inggris, bisa dilatih saya kira ya. kalopun belum mahir nanti terbiasa sama iklimnya.
      salam kenal balik Nisa :)

      Delete
  53. makin semangat masuk FK, do'ain ya ka :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. good luck wenny, semoga diterima di FK ya :)

      Delete
  54. Kak mau nanya nih yg asrama ..katanya yg asrama itu cman utk yg bidikmisi aja kak ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. bukan. asrama wajib untuk semua mahasiswa fk unpad tahun 1

      Delete
  55. kak mau tanya kalau masuk FK UNPAD jalur snmptn undangan syaratnya apa aja? nilai yg harus dicapai berapa, khususnya dari semester 3 kak? terima kasih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. kurang tahu karena tiap tahun sering ada perubahan. coba tanyakan ke guru BK

      Delete
  56. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  57. Assalamu'alaikum.
    kak, saya puput dari Aceh, pngen kali masuk FKUP aamiin :)
    pengen dpt info lgsg dari kakak, kalo kka ga keberatan kita email-emailan aja bisa ka?
    ini email pput
    Putrirch@yahoo.com
    makasi ka :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wa'alaikumsalam.
      silakan email saya putripamulani@yahoo.co.id :)

      Delete
  58. Assalamu alaikum ka ;)
    Salam kenal
    aku audina, mau tanya
    kalo yang masuk fk itu harus yg pinter ya? Trus aq yg IQ nya rata2 bisa ga ya masuk fk undip?
    Trus prestasi kaka semasa SMA gimana?
    Reply ya ka :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wa'alaikumsalam.
      kalo IQ kayanya bukan satu-satunya hal yang menentukan. di FK lebih dituntut untuk jadi mahasiswa yg disiplin, cekatan, cerdas, tekun&kerja keras.
      prestasi rapot atau kejuaraan maksudnya? :)

      Delete
  59. halo kak, saya mau tanya kalau ga ada snmptn tulis buat masuk fk unpad lewat jalur undangan sama ujian mandiri aja atau ada yg lain lagi? kira2 daya tampungnya segimana ya? :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. ya betul, sejauh ini sih jalurnya 3 itu. daya tampung beberapa tahun terakhir sekitar 150 dari snmptn&undangan, dan 50 dari jalur mandiri :)

      Delete
  60. assalamualaikum ka :) salam kenal saya dicky dari bandung
    infonya makasih banget ka :)
    oia ka bisa kasi tau cara belajar biar efektif gitu ? oia buku apa yang harus saya baca dari sekarang biar membantu masuk FK ka ? saya masih kelas 1 SMA hehe tapi saya pengen nyusun itu semua dari sekarang =)
    kalo ada waktu dibales ya ka

    ReplyDelete
    Replies
    1. wa'alaikumsalam. cara belajar efektif...jujur saya baru bisa belajar efektif setelah kuliah. menurut saya, kenali tipe belajarnya dulu. kalo saya tipe audio&visual.jadi suka mendengarkan&bikin ctatan yg mempermudah buat dimengerti.dan yg penting harus seneng waktu belajar.
      bukunya, cukup buku pelajaran biasa aja. semangat Dicky :)

      Delete
  61. Assalamu'alykum, saya Hidayah kak, dari sidempuan, Sumut, saya mau tanya kak, nilai rata-rata yg kterima d FK Unpad brapaan kak?, makasia kak :),

    ReplyDelete
    Replies
    1. wa'alaikumsalam. nilai sih saya nggatau berapa. tapi temen-temen saya jago-jago semua analisa maslahnya, kurang lebih begitu gambarannya :)

      Delete
  62. assalamu'alaikum kak. .
    kak klo misalnya kita ikut lwt jalur tulis itu dftarnya di sn langsung gk kak ? terus untuk yg tahun 2013 ini kira2 pndftran lwt jalur mandirinya di buka kpn ya ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. nggak. coba buka website snmptn. jalur mandiri juga ada panduannya di website unpad :)

      Delete
  63. ka' kalau lulusan tahun 2012 masih bisa dafatar smup tw snmptn gx yah?

    ReplyDelete
  64. Makasih kak infonya, doakan saya jadi adik kls kakak tahun ini. Jazakillah khyr~

    ReplyDelete
  65. mau nanya kak :)
    kalo mau ngelanjutin sekolah ke fk/fkg *amin* apa aja sih yang harus di perdalam? kalo d fk masih ada matkul fisika sama matematika ga? soalnya *jujur* suka banget dgn ilmu yg berkaitan dgn kesehatan manusia, tapi *jujur juga* lemah di fisika sama matematika. jdi gimana dong ?
    thanks before :D

    ReplyDelete
  66. assalamualaikum kak
    denger2 katanya biaya pangkal di unpad uda dibebaskan untuk tahun 2013,
    bener gak kak?

    ReplyDelete
  67. asalamu'alaikum kak...
    saya mega SMA kelas X kak mau tanya katanya kan sekarang ga di adain SMPTN dan di lihat dari hasil raport nah apa di FK juga di lihat dari hasil raport juga atau ujian mandiri?? oh ya apa soal SMPTN FK beda dengan soal SMPTN IPA ??
    maaf ngerepotin dan di tunggu balasannya....

    ReplyDelete
  68. kak,kenalin aku gianty aku mau tanya dong kalo buat ospek di FK unpad nya itu kaya gimana ka? waktu tahun kakak gimana?

    ReplyDelete
    Replies
    1. OSPEKnya seru dan mencerdaskan, nggak yang berat2 gitu tapi tetep intens lah, kakak2nya membimbing banget buat persiapan hidup di fk tuh gimana.hehe

      Delete
  69. Kak aku mau nanya nih
    kan tahun 2013 ini adanya SNMPTN jalur undangan, SBMPTN, sama tes mandiri
    biaya-biaya masuknya berapa ya kak ?
    terus kira-kira kalau nilai rata-rata rapotnya 7 lebih hampir 8 bisa ga kak ya buat masuk FK unpad ?

    ReplyDelete
  70. assalamu'alaikum kak. . SBMPTN itu DI unpad Mandirinya ya??? jadi biayanya lebih mahal dari Undangan??

    ReplyDelete
  71. assalamu'alaikum kak ..
    mau tanya nhe kak , kalo mau masuk FK tinggi juga berpengaruh gag si kak ? terus harus berapa kira2 tinggi nya ? aku pengen banget masuk FK ..
    terus kira2 apa aja nhe persyaratannya ...
    thanks before :D

    ReplyDelete
  72. assalamu'alaikum kak..
    aku baca blog kakak setahun lalu, dan berdoa dalam hati biar bisa nyusul..
    alhamdulillah kak, tercapai.
    aku diterima fk unpad 2013 lewat snmptn undangan.
    makasih banyak atas motivasinya ya kak.

    #salam teman sejawat

    ReplyDelete
  73. assalamualikum wr.wb, trmksih kak infonya sangat membantu. ka, kalo fisip sumbangan mnimalnya brapa jika keadaan org trsebut kurang mampu tapi dia berhasil LULUS SNMPTN 2013? Mhon infonya ka!

    ReplyDelete
  74. Waalaikumsala Tiffani, wah selamat ya. Selamat menuiapkan segala sesuatunya ya :)

    ReplyDelete
  75. Asalamualaikum..
    Kak, aku Mega.. mau tanya. emang bener ya kalo yg taun ini masuk lewat ujian tulis biayanya beda sama yg undangan? sama mau tanya juga, kalo PG 50% bisa tembus fk unpad gak kak? harus kuatin di mata pelajaran apa? Aku pengen banget jadi dokter kak :D

    ReplyDelete
  76. Ujian tertulisnya susah susah gak kak? yang kak putri inget gmna kak? ksh contoh dong hehe :P makasih kak putriii :* :)

    ReplyDelete
  77. kak minta alamat twitter ato facebook kakak dong ^^

    ReplyDelete
  78. mau tanya dong kak, kira2 kalo lulusan SMKF (sekolah menengah kejuruan farmasi) itu bisa masuk kedokteran ga ya?

    ReplyDelete
  79. Ass kak :) kk masuk fk unpad lewat tes tertulis ya? bisa ceritain gak kak, gmana wktu kk ngerjain soalnya? kk ngisi brapa persen? kan sistemnya kalo salah min1 ya? berharap banget kk ngebales ini...... terima kasih kak :')

    ReplyDelete
  80. Assalamualaikum ka, boleh minta alamat twitter, facebook, email atau bahkan nomor hp yang bisa dihubungi ka? Buat jaga-jaga barangkali nanti ada yang perlu ditanyain hehe

    ReplyDelete
  81. kak, boleh tau kakak angkatan berapa di fk unpad?

    ReplyDelete
  82. Assalamualaikum k putri.. aku Tia dari padang k'. skrg udah kls 3 SMA di SMAN 1 pd.pjg. kak tia mau nanya ttg fk unpad.. mnrt kk pluang buat undangan bgi org dluar jawa gde ga kak? trus nilai tia lumayan kk :)
    mkasi info kk diatas sgt brguna. mohon jwbnnya kk,

    ReplyDelete
  83. assalamualaikum kakak
    kakak apa bner bisa lebih gampang msuk, dilihat kakak kelasnya SMA yg kuliah di situ?

    ReplyDelete
  84. Kak, doain kita-kita yang pengen nyusul fkunpad kak!! I really want it. Semoga bisa ketemu disana ya kak! ;-)

    ReplyDelete
  85. Doain ya kak, kita-kita yang pada mau nyusul tahun ini. Semoga bisa ketemu di fkunpad:-) amin..

    ReplyDelete