Long Journey to America Part 3

...Time to Renew...

Orientasi International YES 0910-Richmond, Virginia
Setelah Check In, kami 'menjajal' kamar kami masing-masing. Satu kamar ada 3 orang, di kamarku. Dua orang indonesia dan 1 orang India. Kami berbagi cerita dan ternyata perbedaan itu indah.
Sebanyak kurang lebih 400 siswa mengikuti orientasi ini. Mereka datang dari Indonesia, Thailand, Filipina Mesir, Ghana, Mozambique, India, Kenya, Turki, kurang lebih itu (kalo salah silahkan dikoreksi). Pelajaran yang sangat berharga, ternyata diluar perbedaan orang-orang Indonesia, ku temui perbedaan yang lebih beragam lagi. Dan kini kami bersatu mengemban misi-misi kecil untuk dunia, semoga nggak cuma satu tahun ke depan tapi seterusnya.
Kami juga sempat berkunjung ke beberapa tempat cukup penting di USA, misalnya Lincoln Museum, ke KBRI disana mendengarkan sambutan Bapak Duta Besar (dan kami nemu nasi..dan merasakan kenyangnya makan makanan Indonesia). Ada juga 5 siswa USA yang dikirim ke Indonesia dalam program YES, mereka akan tinggal di sekitar Jakarta dan Bogor. Semoga misi-misi kecil kami berhasil. Amin.

Flight dari Washington Dulles ke Tampa, Florida
Tanggal 12 Agustus 2009. Sekarang kami benar-benar berpisah dan mungkin nggak akan ketemu selama satu tahun meskipun sama2 di USA. Mungkin, tapi bukan kemungkinan besar. Saatnya menempuh perjalanan dan bergabung dengan rombongan dengan tujuan yang sama. Yang ke Washington State, yang ke Wisconsin, ke Texas, California dan..Florida. Ternyata ada 4 siswa yang ke Florida (Fady-Egypt, Salomon-Ghana, Kaivalya-India, Putri-Indonesia). Tapi cuma 1 yang ke Tampa Airport, aku. Begitu aku tau bahwa aku bakal terbang sendiri, almost overwhelm deh. DC ke Tampa, bagaikan Sumatra ke Sulawesi (kira-kira). Sendiri, di negeri orang lagi. Stelah Tracy-guideq nganter ke Terminal D1, aku pun nunggu dari jam 6. Pesawat datang jam 8. Mau tanya belum ada orang. Waduuhh.

Eh, sekitar jam 7an gitu, ada orang datang duduk di depanku, dan ngeluarin pasport hijau. garuda! ya..ini orang Indonesia! Trimakasih ya Allah..! Ini bener2 bagaikan kiriman dariNya deh. Terus ku tanya2 beliau, namanya Bu Dame Simanjuntak, udah 3 kali ke USA dan kota tujuannya...sama kaya kota tujuanku! Subhanallah..ada rencana lain rupanya dibalik ini semua. Dan kini kami berteman, bahkan sempat hang out bareng ke Madeira beach di kota kami.

Sesampai di Tampa airport, hostfamilyku udah menjemput. Wahh...seneng banget! Seorang single mom dan putrinya bernama Phoebe yang masih berusia 8 tahun. Aku bakal tinggal sama mereka sampai sekitar Juni 2010. Thanks Mom and Phoebe!

Inilah awal petualangan baru, yang akan terus diwarnai cerita-cerita. Saat untuk renew, dan brand new menjadi apa yang diharapkan. Hingga nanti saatnya kembali dan mungkin banyak yang telah berganti, menjadi lebih baik.

Ucapan terimakasih
1. Allah SWT
2. Bapak, Ibu, Nanda, Ganjar, Mbah, Bulik, Bude, Paklik, Pakde dan mbak2, mas2, adek2.
3. Yayasan Bina Antarbudaya Indonesia dan Chapter Semarang.
4. Bapak Ibu Guru dan karyawan SMA N 1 Kebumen.
5. Smart English dan Tim UPB Unsoed, Pak Agus Sapto dkk.
6. Tim Medis provider imunisasi dan konsultan psikologi Bu Yulaeda.
7. Sanggar Tari Sri Dewi dan pencipta Tari Lawet.
8. Teman-teman SMA N 1 Kebumen (sungguh aku belajar banyak dari kalian, bersama kalian)
9. Semua pihak yang sudah membantu (Dikpora, Diparta, Ratih TV, dlllll)

Comments