Magang di Pusdi Infeksi Klinik

Today is my favorite day J

Alhamdulillah ya 1,5 tahun koas sudah dijalani dan sekarang saatnya aktualisasi diri. Hehe. Seperti kamu tahu bahwa tahapan sekolah kedokteran ini masih sama seperti yang dulu, Pendidikan Dokter 3,5 tahun à Profesi 1,5 tahun à Internship 1 tahun à kerja à residensi --> kerja, 6 years in total buat jadi dokter umum. Where am I now? Di panah kedua tuh diantara profesi dan internship. Yeaay!

Sambil nunggu internship mau ngapain?
Pertanyaan paling sering hm. Mengisi panah itu ternyata bisa dengan banyak hal. Ada yang usrip jaga klinik, ada yang magang penelitian di Eyckman, ada yang menekuni bidang lain non medis, seperti aku kan sebenernya pengen banget kursus menjahit. Suka deh sama jahit-menjahit nih, kedepannya pengen bisa jahit baju dan jahit manusia :”) These hands are crafty enough and want to use its dexterity for the good of humanity. Kembali ke bahasan utama, sekarang aku lagi magang di Pusat Studi Infeksi Klinik FK Unpad yang letaknya di lantai 5 gedung Eyckman bantuin penelitian ALG Influenza Prof. Cissy yang masuk di Fever Study. Widiiih keren banget ga tuh haha. Penelitian ini akan berlangsung selama 4 tahun di daerah Sukajadi. Tapi kita dikontrak buat 6 bulan aja sampe Maret, karena Februari kan mau pada internship.


Kerjaannya ngapain di Pusdi?
Tugas kita adalah sebagai dokter lapangan. Sebelum turun ke lapangan kita bantuin dokter Yayan dan dokter Wendi menyiapkan kuesioner, bikin publikasi, belajar REDcap, bahkan sampe bikin draft budget. Kalo lagi kosong ya kita bertiga ngobrol atau dengan bijak menggunakan fasilitas wifi FK Unpad untuk menambah wawasan kita wkwk atau lumayan buat me time, walaupun kita duduk bertiga sejejeran kadang kita bisa melakukan hal-hal yang seru buat kita sendiri. Sambil kepikiran seseorang, hiyaaa...yaudah kamu tahu lah ya siapa. Abis duduknya deket jendela sih. Kalo lagi senggang gini biasanya kita bingung mau ngapain, tapi makin lama kayaknya makin produktif kok buktinya bisa menghasilkan tulisan ini hehe.
Wait wait...kita?? Emang ada siapa aja sih? Jadi aku tuh magang di sini sama Zahra Fitrianti dan Oryza Sativani, temen sekosan dan sepermainan sejak tahun 1. Waw so happy!

Pernah cari tempat magang lain?
Apakah perjalanan mencari kerjaan magang kayak gini mulus-mulus aja? Ya ada lah sedikit proses pendewasaan di sana. Jadi awalnya aku pengen banget magang di sebuah rumah sakit. Ga ngincer banget sih, perfect timing aja disaat aku butuh saat itu juga ada lowongan, udah hampir fix banget nih tapi karena satu hal ga jadi, belum rezeki aja. Atau, ada rezeki yang lebih baik yang menanti disana. Setelah fix ga jadi magang di RS itu, Zahra dan Ory ngajakin keliling Pusdi buat cari lowongan, disaat kita belum pengumuman UKMPPD, pede banget mau lulus ga sih, tapi ya gapapa kan early birds get the worm – jadi inget cutaneous larva migrans. Setiap Pusdi kita susurin tuh sambil menjajakan kemampuan kami, bukan menjajakan diri ya. Terus kita ninggalin kontak di setiap Pusdi. Guess what...belum ada yang open recruitment yang artinya kita belum dapet kerjaan, ada sih yang buka tapi kita harus menghubungi pihak tertentu dulu. Yaudah pulang ke rumah aja deh. Beberapa hari di rumah pas jam 14 ada telepon panggilan dari Pusdi Infeksi Klinik, bahwa kita bertiga bisa magang di sana. Alhamdulillah.

This is where I am now, di PUSDI Infeksi Klinik. Way better than my previous expectation. Udah tempat kerjanya deket kosan, bareng temen deket yaitu Ory dan Zahra, suasananya kondusif, ada teh Anne teh Nisa dokter Yayan dokter Wendi prof Cissy, aku Ory Zahra bisa belajar banyak hal baru. Bisa bikin teh setiap saat, makan siang bisa dianter sama Lisha karena dia lagi buka katering. Seperti kata penasihat-penasihat dalam hidupku bahwa ada sesuatu yang lebih baik dipersiapkan untukmu, bersabarlah. Jadi...seneng banget diberi rezeki sekaligus amanah ini. Dan yang penting Bapak dan Ibu merestui hehehe. Semoga makin terpelajar deh buat beberapa bulan ke depan. Aamiin.

Tulisan ini dibuat waktu kerjaan di Pusdi udah beres hari ini, ada Zahra sama Ory juga di sebelahku haha. Sekian dan terima kasih.

Oya, alhamdulillah kita bertiga lulus UKMPPD!


Deket jendela, Ruang Pusdi Infeksi Klinik, Gedung Eyckman lantai 5

Comments