Resolusi 2019

Resolusi 2019: mewujudkan resolusi tahun 2018 yang belum tercapai.
Hmm..bener juga sih :D tapi kenapa resolusi 2018 ada yang belum tercapai? Kebanyakan kali ya resolusinya jadi berat untuk diwujudkan *curcol.

Ngga kok. Resolusi 2018 ku alhamdulillah tercapai, yaitu lebih sayang orang tua dan kurang-kurangin ngeyel sama orang tua lagi. Susah tuh buatku, anaknya emang suka ngeyel dan protes kalo ke orang tua huhu nyesel banget kalo inget jaman-jaman jadi remaja pembangkang. Jadi, bisa selaras seirama sama orangtua, menurunkan ego, nurut, itu pencapaian besar buatku. 

Lalu, menikah, selesai internsip, itu resolusi bukan? Menurutku, lebih ke tahapan hidup sih , itu kan nyata ya, terprogram dan terencana. Tanpa aku merenung pun, aku tahu kalo aku butuh menikah dan butuh untuk segera bekerja. Jadi, tampaknya fokus resolusi di quarter life-ku lebih ke hal-hal yang menunjukkan kualitas diri. Karena ya..kalo tahapan hidup tuh, semua orang bisa melalui. Memulai kerja, berkeluarga, berpenghasilan, itu tahapan hidup semua orang secara umum. Tapi kualitas diri, menurutku tuh sesuatu yang tak kasat mata tapi salah satu hal terpenting bagi kita sebagai manusia seutuhnya. Lah jadi bikin istilah sendiri ya, perbedaan tahapan hidup dan resolusi wkwkwk. Whatever...you name it.



Ternyata masih banyak hal-hal di dalam diri ini yang perlu diasah lagi. Dengan sedikit berkontemplasi, kita bisa nemu tuh apa yang harus jadi resolusi tahun ini. Kalo aku jujur ga perlu kontemplasi, karena udah jelas banget kekurangan yang perlu diperbaiki hahaha. Dari kesadaran itu lahirlah resolusi 2019 ku yaitu: dare to say 'No' dan finding my 'Ikigai'. Buat sebagian orang mungkin itu gaperlu dijadiin resolusi (karena tinggal lakuin aja), nah kalo aku susah tuh.

1. Brave enough to say 'No'
Apa susahnya bilang engga? Dasarnya emang tipe orang yang ga enakan, jadi kalo aku dimintai tolong orang padahal ga mampu ngerjain, jawabnya 'iya'. Ditawarin sesuatu yang kurang disuka, jawabnya 'iya'. Terus kalo kamu disuruh nyemplung sumur kamu juga bilang 'iya'?? Hah?! (kayak kenal ya dialog begini). 
Alhamdulillah sekarang udah punya coach yang melatih aku setiap saat setiap waktu yaitu: bojoku. Karakternya yang cukup berbeda dari aku ternyata sangat bisa jadi complementary untuk kekurangan-kekuranganku. Salah satunya ini, menjadi 'yes woman'. Mengatakan 'iya' sejenak emang menyelesaikan masalah, tapi ga selalu melegakan. Sekali dua kali emang berat, tapi makin dilatih makin bisa dan mahir :D So, don't even say 'maybe' if you want to say 'No'.
Say No sebetulnya adalah saringan terhadap hal-hal yang patut kita ambil atau engga. Bisa dibilang picky dan selektif, tapi justru itu akan mempermudah diri sendiri menuju kebahagiaan hqq. Yang penting sopan, sesuai prinsip yang dianut dan kita ga merugikan orang lain. Jawaban 'iya' dan 'tidak' itu equal, jadi gapapa bilang enggak. Tapi, nanti kalo kita di posisi sebaliknya juga harus mengerti ya, jangan baper kalo yang kita mintain tolong bilang 'enggak'.

2. Finding my Ikigai
Ini sebenernya derivat (((derivat))) dari resolusi 'jujur pada diri sendiri'. Kalo kita jujur pada diri sendiri insya Allah Ikigai bakal kelihatan jelas di depan mata. Kalo tentang Ikigai, insya Allah ga mulai dari nol, karena hilal sudah terlihat. Tinggal melanjutkan aja apa yang sudah dimulai.

3. No compare-compare sama pencapaian orang lain
Cukup susah apalagi tiap hari disajikan instastory dan medsos lainnya wkwkwk. Mau ga buka instagram tapi banyak berita dan kabar temen ada disitu. Jadi ya kuncinya adalah bersyukur. Tips bersyukur dari aku nih, seringlah pergi ke tempat-tempat dimana kita bisa menemukan orang yang kurang beruntung dibanding kita. Kalo aku, lewat pinggir jalan aja udah nemu tuh, misal liat penjual yang sepi pembeli contohnya. Dengan melihat yang begitu, seketika hati menjadi hangat dan penuh syukur~~ syukur-syukur kita bisa berbagi sama mereka sekalian.

res·o·lu·tion
/ˌrezəˈlo͞oSH(ə)n/
noun
  1. 1.
    a firm decision to do or not to do something.
    "she kept her resolution not to see Anne any more"
    synonyms:intentionresolvedecisionintentaimplanMore
  2. 2.
    the action of solving a problem, dispute, or contentious matter.
    "the peaceful resolution of all disputes"
    synonyms:solution to, answer to, end to, ending to, settlement of, conclusion to
    "a satisfactory resolution of the problem"


Tiga poin itu aja sih kualitas diri sekaligus resolusi yang ingin kucapai tahun 2019 ini. Nanti kalo ada lagi yha...menyusul di tengah tahun sambil evaluasi. Oiya, dua poin itu tentunya didapat dari pengalaman-pengalaman hidup yang sudah-sudah hehehe. Semoga setahun kemudian baca postingan ini bisa senyum bangga karena udah tercapai semua resolusinya. Aamiin :D 

Comments