Pinterest is My Favorite




Zaman sekarang kehidupan sehari-hari kita nggak bisa lepas dari media sosial. Medsos bukan lagi sekedar pelengkap tapi juga kebutuhan. Bicara tentang kebutuhan setiap orang pasti beda-beda ya. Sebutlah kebutuhan bersosialisasi, pekerjaan, nyari referensi, atau bahkan kebutuhan untuk refreshing aja. Dan para pengembang medsos kayaknya semakin mengerti banget akan hal ini sehingga mereka selalu berusaha memenuhi apa yang dibutuhkan konsumennya.

Dari sekian banyak media sosial yang ada, ada beberapa yang aku suka. Salah satu diantaranya adalah Pinterest. "Apa tuh Pinterest?" adalah pertanyaan yang sering kuterima kalau aku menyebutkan Pinterest. Sempet bingung juga kalo ngejelasin apa itu Pinterest. "Mirip Instagram?"..hmm iya sih karena dia memajang foto atau gambar. Tapi nggak setipe juga. "Trus ngapain kalau pake Pinterest?"...kita bisa cari referensi yang banyak. "Kan bisa di Google? Google image?". Nah sederet pertanyaan itu lah kurang lebih yang terlontar beberapa kali. Daripada susah jelasinya, mending kita lihat penjelasan dari Wikipedia aja yuk.

Pinterest adalah virtual pinboard di mana Anda bisa mengunggah foto atau gambar yang bisa dimasukkan kedalam kategori-kategori yang bisa di customize namanya.

Haduh aku nggak cocok banget jadi ambassador Pinterest ya? Haha. Padahal kata kunci dari Pinterest itu sendiri, kalau dari Wikipedia adalah "Pin" - virtual pinboard. Kalau Instagram bisa diibaratkan album foto, Pinterest mungkin diibaratkan sebuah papan yang bisa kita taruh ide apapun disitu dan kita organisasikan sesuai kemauan kita. So, the focus it's not the pictures, not the captions, but the information lies within the board and the pin.




Memang sih Pinterest nggak sepopuler Facebook atau Instagram tapi inilah beberapa alasan kenapa aku suka Pinterest.

Konten yang menarik secara visual 
Di Pinterest kita bisa menemukan referensi yang menarik secara visual (dan secara non visual juga kok). Karena banyak infografik, poster, atau gambar yang emang desainnya bagus-bagus. Mungkin emang ga selengkap google images tapi disituah bagusnya, karena dia seolah-olah menyaring yang ditampilkan ke kita gambar-gambar yang bagus aja. Berhubung aku emang suka sama yang indah-indah, jadi seneng aja kalau matanya dimanjakan sama keindahan pin-pin yang ada.

New knowledge everyday
Di Pinterest ini kita bisa nyari apapun. Beberapa temen yang kujumpai ada yang nyari desain baju, resep makan, sampe ke DIY things. Biasanya kalau kita udah nyimpen beberapa pin dari topik tertentu, nanti akan muncul topik-topik berkaitan tapi yang kita belum tahu. Misalnya nih, abis nyari resep masakan, besoknya muncul "Encyclopedia of Pasta". Atau di hari yang lain muncul "Sewing Vocabularies". Menarik nggak sih? Like...it keeps feeding me with knowledge, useful knowledge. Sounds berfaedah?

Gampang pakenya
Waktu kuliah aku termasuk mahasiswa yang suka iseng nyari aplikasi lucu-lucu buat nyatet atau nyimpen sesuatu (sebagai dalih 'apakah ada cara yang lebih efektif daripada nyatet di buku?'). Entah gimana caranya aku menemukan Flipboard, StumbleUpon, Evernote, Tumblr, dan termasuk Pinterest. Mereka bagus-bagus tapi sampai sekarang yang bertahan di hp-ku adalah Pinterest. Mungkin karena simpel tapi fungsional banget. Dan aku mulai yakin kayaknya medsos dan aplikasi yang simpel lah yang akan bertahan lama. Misalnya, whatsapp, instagram, mudah digunakan dan fungsional banget kan.



Less show off
Pernah denger kan ungkapan yang bunyinya "Zaman sekarang, privasi udah semakin nggak ada harganya". Lagi dimana, sama siapa, punya anak berapa, wajah anaknya kayak apa, anaknya namanya siapa, sekolah dimana, ulang tahunnya kapan, berat badan lahirnya berapa, tahi lalatnya dimana, sidik jarinya kayak apa, dst, udah semakin mudah diakses oleh netizen yang bahkan nggak kita kenal. Itu adalah hal-hal yang sekarang dianggap wajar untuk di share lewat medsos yang memfasilitasi kita untuk show off. Walaupun sebenernya itu keputusan kita untuk nge-share konten macam apa. Anyway, di pinterest jarang kutemui hal-hal privasi yang dibagikan. Jadi lumayan lah itu iklim yang baik bagi kita yang kurang tertarik dengan hal-hal yang bersifat mengekspos informasi personal.

Menginspirasi biar jadi kreatif
Ini yang aku suka banget. Dengan keterbatasan, biasanya kita akan jadi lebih kreatif. Dan di pinterest kita bisa menemukan banyak referensi tentang apa aja yang bisa memunculkan ide-ide unik hehehe. Misalnya DIY atau hal lainnya.



Itulah kira-kira alasan kenapa Pinterest is my favorite social media. Sebenernya simpel sih, karena dia berguna buatku terutama dalam mencari referensi. Sebenernya aku orang yang nggak selalu update tentang perkembangan teknologi yang nggak cukup berfungsi buatku. Pas jaman Blackberry, nggak ikutan pake dan sekarang udah ditarik ya. Sama juga pas zaman rame pada pakai Path, juga nggak ikutan pake dan sekarang udah nggak ada lagi. Semoga sih Pinterest ada terus ya because it's very useful and berfaedah hihi.

Comments