My Birth Story - Part 1

Cerita tentang persalinan memang selalu istimewa. At least dari semua birth stories yang aku temukan, kurang lebih begitu. Ternyata setelah mengalami sendiri, memang benar istimewa&berkesan. Let me share a good one of mine.

Sebagai seorang calon ibu dengan status G2P0A1, aku ada keinginan dan rencana melahirkan dengan metode per vaginam. Tapi rencana Allah lah yang lebih sempurna. Aku pun harus SC cito di malam lahiran. Selengkapnya tentang kenapa harus SC cito menyusul ya.

Jadi..ini nih cerita persalinanku.


Jam 10.00 - suami dateng
Suami dateng ke rumah ortuku, dari rumah mertua, baru pulang dari Bandung. Situasi percovidan yang bikin dia yang harus WFH ada hikmahnya tersendiri buat kami. Aku jadi ditemenin dia di hari-hari menjelang lahiran hihi. Begitu dia dateng kami nggak ada aktivitas istimewa. Makan, senam hamil, ngobrol, dll.

Jam 12.00 - tanda persalinan (+) dan mulai mules
Aku mandi (ketauan mandinya siang amat ya) dan saat itu ada tanda persalinan (bercak darah+lendir). Setelah mandi aku mulai merasa mules kayak mau mens. VAS (visual analog scale) nya kira-kira 1 dari 10 deh 😄 saat itu aku bilang sama suami, kayaknya aku mules deh. Juga ke ibuku. Dan ke budeku yang bidan, provider persalinan yang kurencanakan matang-matang. Beliau bilang tunggu 4 jam, baru nanti kalo makin intens dateng ke beliau.

Sambil nunggu jam 16, aku excited tapi nervous juga. Membayangkan aku mau menerapkan semua teori napas dan hypnobirthing yang kupelajari selama ini. Jujur aku merasa sangat empowered, takut sakit tapi aku merasa percaya diri tau apa yang harus kulakukan kalo kontraksi datang 😄

Jam 16.00 - periksa ke bude
Datang ke bude berdua sama suami. Hasil pemeriksaan TD ku relatif lebih tinggi dari biasanya (130/...) ditambah edema kaki yang udah berlangsung seminggu terakhir. Padahal selama ini nggak pernah. Hasil VT belum ada pembukaan. Aku be like, whattt udah mules begitu belum pembukaan??? Berarti masih bakal lama ini mulesnya dong..
Selesai dari bude aku minta jalan-jalan ditemenin suami. Beli es krim banyak. Sepanjang jalan tu mules mulai intens. VAS nya 3 dari 10 lah.

gambar dari 10thingsyogamana.com

Jam 19.00 - Periksa ke dr. Levi, SpOG di RSIA Dewi Queen
Hasilnya TD 130/... dengan Hb 8,6. Kaget kenapa Hb nya malah turun (1 bulan sebelumnya 9,1). Tapi dr. Levi bilang masih bisa diusahakan pervaginam dengan catatan harus sedia pendonor. Suami kebetulan golongan darahnya sama, tapi dia baru donor 3 minggu yll..yang artinya harus cari pendonor kalau di PMI nggak ada stok darah. Hasil VT pembukaan 1. Tes lakmus merah tetep merah.
Sama bidan disuruh dateng lagi nanti jam 1 dini hari. Jadi yaudah pulang dulu.

Jam 22.00 - ketuban pecah
Sampe rumah dan mulesnya mulai nyeri, mungkin VASnya 5. Tapi tetep dong teknik napas dipraktekin hehehe. 
Malem itu cuaca panas banget dan lembab jadi aku pengen mandi rasanya. Mandi lah. Dan selesai mandi ada cairan yang "tumpah" dari jalan lahir warnanya kehijauan keruh ga terkendali. Udah pake pembalut nifas untungnya. Oiya di sini ibu juga udah telepon para support system buat persiapan nginep di DQ malem itu.
Alhamdulillah walau ketuban pecah dan tumpah dan hijau..aku tetep nggak panik, walaupun di titik itu aku udah mulai repot pergerakannya bahkan buat sekedar ganti baju. Suami&ibu langsung inisiatif ke DQ saat itu juga. Aku masih sempet bawa headset yang niatnya buat dengerin afirmasi positif dari youtube ceritanya😄

Jam 23.30 - tiba di IGD RSIA Dewi Queen
Sampe di DQ, masih bisa senyum-senyum. Dateng ke IGD ketemu bidan jaga. Disitulah aku dijutekin bidan huhu padahal salah satu cita-cita besarku adalah lahiran tanpa adanya bidan/dokter/perawat yang jutek (soalnya keinget jaman koas dimana bidan penolong persalinan juteknya masya Allah, bertolak belakang banget sama aliran gentle birth yang di Indonesia terkenal diusung sama bidan Yessie Aprilia). Tentang gentle birth boleh baca disini.

Emang gimana dijutekinnya sih? Gini nih:

1. Intonasi ga enak
Baru dateng ke VK dan masih di kursi roda, bidannya langsung kasih instruksi dengan intonasi ga enak. Sebutlah dia "Bidan 2"

Bidan 2: "Bu, duduk dulu saya bilang. Kakinya naikin. Baru tiduran." 

Ini dia ceritanya ngebenerin aku yang keliru mau langsung tiduran.

2. Sewot
Aku : Bu..suami saya boleh nunggu disini? (Sambil nunjuk kursi di sebelah kiriku)
Bidan 1 : Boleh..duduk aja (yang bidan ini baik)
Aku : Sini duduk sini aja (ke suamiku)
Bidan 2 : Dimana??!! Jangan disini. Disitu aja. (Disitu = di sebelah kananku yang gaada kursinya)

3. Ga jelas
Bidan 2 : Coba pinjem
Aku : Pinjem apanya? (Disini aku udah ga sabar jadi aku harus beraniin dia biar ga terus-terusan seenaknya)
Bidan 2 : Tangannya
Aku : Oh tangannya

Setelah 3 insiden itu, fix dia membuyarkan rencana gentle birthku, earphone-ku juga udah entah dimana, trus si dia menghilang. Ganti orang kayaknya. Sebelumnya aku denger samar-samar dia konsul ke obgynnya tentang kondisiku. Dia juga yang tau air ketubanku keruh. Dia berjasa sih...

Tapi...cara melayani pasien yang kaya gitu lumayan bikin bad mood. Gimana engga, pasien inpartu dateng dan berusaha berpikir positif bisa melalui persalinan dengan baik, eh dijutekin begitu. Bukan cuma ke aku lho ya, ke semua pasien juga jangan galak maksudnya. Apa mungkin karena pasiennya dateng jam 12 malem jadi ganggu yang jaga ya. Hmm.

Anyway, setelah suami tanda tangan lembar informed consent lalu akupun disiapin untuk masuk OK. Selang beberapa menit ibuku dateng. Jadi di ruangan ada suami, ibu, dan mbah. Mereka nemenin aku sampe sebelum masuk OK. Sambil nunggu tentunya ada pasang infus, kateter urin, dan persiapan masuk OK lainnya. Dan tentu sajaa..kontraksi masih tetep berjalan. Alhamdulillah.

gambar dari 10thingsyogamana.com

Bersambung ke part 2.

Comments