Bayiku 3 Bulan: Memulai Rutinitas Sebelum Tidur

Alhamdulillah..berhasil melewati trimester keempat bersama Ninu. Dari beberapa artikel yang kubaca, usia 3 bulan sering jadi penanda untuk para orangtua baru. Penanda apa? Banyak. Misalnya, "Nanti kalau udah 3 bulan ga akan serewel ini", "Nanti kalau udah 3 bulan ga akan sering bangun malam", "Nanti 3 bulan mulai ngoceh", dan juga "3 bulan pertama setelah kelahiran ibarat trimester keempat kehamilan" - mungkin karena ini masa adaptasi bayi dan juga orangtua baru khususnya ibu.

Di usia 3 bulan ini banyak banget pertumbuhan dan perkembangan yang dialami Ninu. Si bayi mungil ini panjangnya udah 64 cm dan beratnya 6,485 kg. Kukunya udah keras, lebih pendek. Badannya lebih berisi, rambutnya mulai lebat. Alisnya juga udah kelihatan. Maasya Allah tabarakallah.

Kemarin baru imunisasi PCV dan pekan depan insya Allah akan imunisasi Infarix Hexa. Seneng banget nih ibunya karena pas imunisasi PCV dia ga nangis pas disuntik, selepas disuntik baru deh nangis bentar. Ninunya bageur, dokternya juga jago deh.

Sekarang tungkai bawahnya udah bisa ditekuk sehingga lutut bisa dipegang oleh telapak tangan. Tendangannya juga lumayan kuat, kalau ngenain jahitan sayatan SC jadi sejenak nyut nyutan. Tungkai atas sih yang aku terpukau banget karena yang kanan dan kiri gerakannya udah terkoordinasi untuk meraih benda yang ditawarkan ke dia. Masih belum halus banget tapi dibanding sebelumnya, ini kelihatan banget bedanya. Termasuk rambut dan bandanaku yang bikin dia penasaran banget. Oiya, dia juga suka banget masukin apapun ke mulut sekarang, tangan&jarinya, selimut, termasuk rambut ibunya. Dia juga lagi gigih miring-miring menuju tengkurep. Kadang udah bisa sendiri, seringnya masih harus dibantuin untuk tengkurep dan terlentang lagi. Karena dengan tengkurep tampaknya dia serasa melihat dunia dan masa depan yang cerah. Hehee..antusias banget deh pokoknya kalau pas tengkurep.

Tidurnya alhamdulillah pules kalau malam, kebangun jam 1/2, jam 3/4 buat nyusu, trus bangun pagi jam 6-7. Sepertinya matiin lampu cukup membantu bayi tidur nyenyak deh. Sedangkan tidur siang yang agak berubah nih. Jam bangunnya mulai bertambah karena udah makin seneng main. Tidur siangnya masih 3-4 kali. Durasi kadang berkurang, rentang antar tidur siangnya bertambah. Tapi pas tidur alhamdulillah pules, mungkin karena makin capek main ya.
Kadang pas tidur dia nangis bentar (mungkin mimpi) trus dipuk-puk tidur lagi. Yang bikin adem adalah..kalau pas tidur dia senyum-senyum, haduuw kayaknya lagi mimpi indah deh kalau senyum gitu.

Kalau nangis? Masih tetep nangis tapi berkurang jauh dari bulan pertama. Sekarang dia juga udah mulai suka berceloteh "uuu..aaa" dengan nada rendah, dan 3 hari terakhir mulai suka nada tinggi. Tampaknya dia lagi bereksperimen sama pita suaranya. Dia juga bisa gigit bibir bawahnya sekarang sambil berceloteh. 

Tapi..bulan ini dia lebih seneng digendong Bapaknya deh. Main juga seneng sama Bapaknya. Karena tiap Bapaknya lewat dan menyapa (ketika dia sama aku), pasti dia ketawa dan senyumnya lebar. Terus beberapa kali harus digendong Bapaknya dulu sebelum tidur malam. Senyumnya sekarang nyenengin banget, karena lebar dan genuine banget, namanya juga senyum bayi ya. Udah hampir bisa ketawa kayaknya, tapi masih awalnya aja. 

Oiya, ada yang baru nih. Mulai usia 3 bulan ini aku terapkan rutinitas khusus sebelum tidur, tujuannya untuk ngasih tanda ke dia bahwa sebentar lagi waktunya tidur dan pendinginan dari aktivitas sebelumnya. Rutinitasnya dimulai jam 19.30 dengan menyalakan lagu pengantar bobo yang ada di app Baby+, lalu menyeka wajah-tangannya pakai waslap basah hangat (karena wajahnya udah mulai beriler-iler), ganti popok, lalu pijet badan deh. Sambil melakukan itu semua aku sambil ngobrol sama dia, kadang Bapaknya juga ikutan. Selesai pijat trus menyusu, kalau masih bangun digendong diayun-ayun. Ini juga lumayan menambah kenyamanan dia, karena tidur dalam keadaan bersih-segar itu nyaman, ya kan? Hehehe.

Jadi...ya gitu deh alhamdulillah banget untuk semua yang sudah terlewati di 3 bulan pertama ini. Nggak mudah, banyak imperfections. Tapi semoga aku&suami makin mantap buat terus belajar mengasuh putri kami. Makasih banget ya Allah...You assure me that I can do this. Doa yang sama dan selalu untuk Ninu: semoga Ninu jadi manusia solehah, sehat, tangguh dan bahagia yaa. Aamiin.

Maasya Allah tabarakallah :)

Ditulis di kamar, di sebelah Ninu yang baru tidur.

Comments