Bayiku 4 Bulan: Tengkurap


Sebentar lagi bayiku masuk usia 5 bulan. Alhamdulillah..artinya usia 4 bulan udah hampir lewat. Wah..terharu.

Usia 4 bulan identik banget sama tengkurap ya biasanya. Nah di usia 4 bulan bayiku bisa tengkurap sendiri. Jadi pas bangun pagi miring-miring, eh terus deh sampe tengkurap hehe lucu banget! Tapi bagiku ini nggak yang jadi momen pertama banget. Karena hari-hari sebelumnya si bayi udah miring-miring, lalu dibantu membalik badan, lalu kadang dia bisa balik sendiri. Sampailah dia bisa balik (yang hampir) sempurna di usia 4 bulan itu. Perkembangan menuju tengkurap ini sepertinya subtle but sure, bukan yang, tadaaa tiba-tiba tengkurap, tapi melalui proses yang sedikit-sedikit itu. Jadi ya...dinikmati aja sambil terus distimulasi. Contoh stimulasinya banyak di youtube. Pastinya cari yang terpercaya dan dari ahlinya. Karena kemampuan tengkurap ini akan (seharusnya) dimiliki bayi pada usia 4-5 bulan.

Momen tengkurap alias tummy time jadi seru banget ketika si bayi udah bisa tengkurap sendiri. Aku dan suami sering ngajak dia bermain sambil tengkurap, atau taruh cermin di depannya ketika tengkurap. Tujuannya supaya (mudah-mudahan) si bayi semangat untuk terus latihan tengkurap dan membuat acara tengkurap menarik bagi dia. Walaupun sebetulnya dengan posisi tengkurap aja dia udah seneeeng banget, seolah-olah bisa melihat dunia dengan sudut pandang yang baru πŸ˜€ Kadang-kadang pas bangun tidur tahu-tahu udah tengkurap sendiri. Wah pokoknya semangat banget deh si bayi untuk balik tengkurap. Tapi, kalau untuk bisa balik lagi terlentang tentunya belum bisa. Menurut pedomannya, nanti di usia 6-7 bulan.

Di usia 4 bulan, tangan mungil bayiku udah bisa meraih benda, lalu dimasukkan ke mulutnya. Grip-nya juga makin kuat. Dia udah bisa menggenggam teether, megang benda yang masuk dalam genggamannya dan menjambak rambut tentunya! πŸ˜€ Kakinya juga udah mulai bisa menjangkau wajahnya di usia 4,5 bulan, jadi kadang ditarik pakai tangan dan dimasukin ke mulut. Ini juga lucu bangetπŸ˜€

Di usia 4,5 bulan bayiku juga mulai suka berceloteh lebih teratur. Kedengerannya cuma "oo..oo..ooo" tapi maasya Allah amazing guys, seneng banget kalau udh denger dia berceloteh. Kadang berceloteh sambil mainin air ludah πŸ˜€ Nah pas dia lagi berceloteh aku tanggapin seolah-olah dia lagi ngajak ngobrol dengan bahasanya.

Selain itu, bayiku juga semakin tertarik dengan benda di sekitarnya. Tirai berpola dan jam dinding yang bulat dia masih suka banget. Lalu, benda yang buat kita biasa aja ternyata bisa menarik banget untuk dia misalnya, saklar, colokan kabel, stiker, botol, meteran listrik, galon, dll. Jadi aku suka memperhatikan si bayi lagi liatin apa sih. Lalu aku dekatkan dia ke benda itu dan menawarkan dia untuk pegang. Tentunya aku pastikan aman dulu. Kalau bendanya kotor, aku cuci tangan si bayi setelahnya.

Disamping perkembangan yang menakjubkan, ada juga beberapa hal yang sempet bikin khawatir. Antara lain tentang pupnya, beberapa kali bayiku frekuensi pupnya meningkat sampai 2-3 kali sehari. Tapi biasa sih konsistensinya, nggak lebih cair dari biasanya. Dan setelah 3 hari kembali seperti semula yaitu frekuensi pupnya 2 hari sekali. Mungkin karena dia lagi suka banget masukin benda ke mulutnya ya?

So...yaa baby is getting more adorable. Saat ini dia semakin bisa berinteraksi dengan kami. Udah bisa diajak cilukba dan ketawa, nangis kalau nggak suka sesuatu, membalas senyum, dan gerakin tangan dan kaki kalo lagi seneng. Sebulan lagi udah MPASI nih, exciting kayaknya. Bismillahirrohmaanirrohiim semoga lancar dan lahap makannya.

Oh iya, berikut adalah benda dan mainan bayi 4 bulan yang menurutku akan membantu kita sebagai orang tua buat ngajak main bayi.
1. Teether. Ada 2 yang sering kami pakai yaitu Dr.Br*wn dan Comoto*o. Dua-duanya bentuk gurita. Ini kesukaan si bayi karena bisa digenggam dan ada bagian yang menjulur yang bisa digigitin ke dalam mulut, mungkin bentuknya seperti jari jadi bayi suka hihi.
2. Celemek. Atau sekarang banyak yang nyebutnya slabber atau bibs. Bayi mulai banyak ngences di usia ini.
3. Mainan yang aman dimasukkan ke mulut. Misalnya softbook dan krincingan (rattle) masih tetep.

Nah..sekian cerita di usia 4 bulan ini, semoga si bayiku tumbuh sehat, ceria dan bahagia. Aamiin☺

Comments