Gratitude Journal

Beberapa hari terakhir, aku lagi tergugah buat menulis gratitude journal dengan lebih teratur. Kenapa? Karena belakangan aku lagi kurang grateful dengan banyak hal. Hehehe...Atau lebih tepatnya lupa bahwa banyak hal yang harus disyukuri. Kalau udah lupa, bawaannya pengen mengeluh deh - yang mana kurang sehat buat diri kita, ya kan. Padahal pada saat yang sama, kita lagi menikmati hal-hal yang seringkali taken for granted, apapun deh misalnya, seperti badan yang sehat, makan yang cukup, the list goes on. At first I thought it would be too cheezy, but I gave it a try and it gave me positive feedbacks that makes me feel better, so why not?


Apa sih sebenernya Gratitude Journal itu?
(selanjutnya kusingkat GJ ya :D)

Kalo diterjemahin ke bahasa Indonesia artinya "jurnal bersyukur", mungkin kedengerannya aneh ya :D Kalau definisi wikipedia sih begini,
 A gratitude journal is a diary of things for which one is grateful. Gratitude journals are used by individuals who wish to focus their attention on the positive things in their lives.

Simpelnya dia tuh diari kita yang berisi tentang hal-hal yang membuat kita bersyukur, mulai dari hal yang kecil sampai hal yang besar. Dan anyway, sekecil apapun suatu hal yang membuat kita bersyukur, kalau dia nggak ada kita akan kehilangan banget sih. Menurutku malah justru di hal-hal yang kadang kuanggap kecil dan sering taken for granted itulah tersimpan nikmat yang besar dari Tuhan. Contohnya, bernapas, sering banget bagiku ini taken for granted, padahal udara yang kita hirup ini cuma-cuma. Coba kalau pernapasan terganggu, gausah yang berat-berat ya, misal udara di sekitar kita mengandung banyak debu, jadi batuk-batuk kan dan berkurang kenikmatan bernapas. Atau lagi pilek dan mampet tuh hidung, walhasil napas lewat mulut, walhasil mulut jadi kering, walhasil.... *curcol*.

Selain hal-hal yang seringkali taken for granted, kita juga bisa nulis hal-hal yang spesial yang bikin kita bersyukur di hari itu, misalnya ketemu temen lama, atau gajian. Ini terjadi ga setiap hari, makanya pas terjadi kita merasa seneeeng banget.


Contohnya gimana sih?
Namanya juga diari, gaada format khusus dong ya. Kata 'diari' kedengerannya old fashioned banget gak sih haha. Siapa yang masih suka nulis diari sampe sekarang? (Akuuu). Old but gold lah nulis buku diari tuh.
Anyway, di GJ kita bisa nulis apapun senyaman kita, sesedikit atau sebanyak yang kita mau. Suka-suka kayak nulis diari gitu lah. Yang penting isinya tentang hal kita syukuri hari itu. Bisa setiap hari, seminggu sekali, dst. Ada yang rekomen dilakukan sebelum tidur, jadi sekaligus sebagai aktivitas untuk mereview hari itu. Contoh jurnal atau diarinya kurang lebih begini:

---

1 Mei 2019

Alhamdulillah..bersyukur banget hari ini aku:
1. Bisa bernapas lega lagi --> sebelumnya abis pilek
2. Penglihatan jernih karena kacamata udah ketemu --> mata minus+silindris
3. Goreng ayam tanpa kecipratan minyak --> sebelumnya pernah goreng pempek, kecipratan minyak dan oh Lord...setelah bullanya pecah ada area hiperpigmentasi di tangan jelek banget kayak kena knalpot...that will stay there forever I guess
4. Pake kerudung yang cocok sama warna lipstik
5. Jajan seblak Aink di seberang gerbang ITB --> 8.5/10 lah ini :D
6. Dapet makan gratis karena ada yang ulang tahun di klinik
7. Vidcall sama ponakan yang lucu&gemesin banget
8. Bisa nulis di blog :)
9. Pulang bareng suami boncengan pake motor :D
10. Pulang mandi pake sabun BBW yang wanginya so relaxing, apalagi BBW pemberian :D
---

Makin sering kita nulis, makin banyak yang bisa ditulis. Makin sadar juga banyak yang harus disyukuri.


Manfaatnya apa?
You name it lah pasti banyak yaaa.
1. Jadi sadar ternyata banyak banget nikmat dan kasih sayang Tuhan ke kita, yang kadang kelewat sama kita karena...ya itu...we take them for granted (oke ini kata-kata 'take for granted' ke sejuta kalinya di postingan kali ini).
2. Merasa lebih beruntung dari orang yang kurang beruntung. Hehe maksudnya ya kita jadi ga merasa paling menderita di dunia. Misalnya, "duh capek banget kerja tiap hari gini", tapi coba bayangkan orang yang belum dapet kerjaan di luar sana dan pengen loh mereka tuh capek kayak orang yang kerja. Jadi inget ada sebuah quotes (entah by siapa) yang bilang "Secapek-capeknya orang kerja, masih lebih capek orang yang ga kerja".
3. Lebih positif menyikapi hidup. Ceilaaaa, emang postingan kali ini nih bijak banget ya. Tapi ya memang gitu sih. Kalo banyak bersyukur, jadi berkurang mengeluh, lalu jadi lebih laid-back dan easy menjalani hari-hari, lalu moodnya jadi bagus, lalu jadi habit yang bagus, lalu positivity itu menular ke orang lain dan lingkungan sekitar. Seneng ga sih?

Pada intinya sih, dengan menulis GJ kita akan lebih inget untuk bersyukur setiap harinya.


"Ini nih GJ tuh ide sendiri apa ada orang lain yang nulis juga selain kamu Put?"
Jujur, ini bukan ide sendiri hahaha. Pertama kali denger tuh kalo ga salah dari blogger(dan vlogger) Andra Alodita. Lalu di kesempatan lain nemu juga vlogger luar negeri yang bahas gini juga. Ada juga vlogger Indonesia kalo ga salah namanya Maurila juga bahas tentang ini. Selain dari sosok-sosok tersebut, di pinterest juga sering muncul pin-pin tentang journaling yang khususnya tentang GJ.
Jadi, ini udah dilakukan banyak orang kok. Dan mereka juga jelasin kalo hal ini banyak manfaatnya. Sekarang kan kayaknya lagi banyak ya yang bahas topik seputaran mindfull living, wellness, dan sejenisnya.


Nah itu dia sepenggal opiniku tentang gratitude journal. Sebetulnya, bersyukur adalah sifat manusia, properti itu tuh udah ada dan melekat dalam diri kita. Cuma kadang kita suka disibukkan sama hal-hal yang mendistraksi kita dari bersyukur. Maka dari itu untuk kembali jadi manusia yang bersyukur, kita butuh pengingat, salah satunya dengan gratitude journal ini.

“Dan (ingatlah juga), tatkala Tuhanmu mengumumkan, ‘Sesungguhnya jika kamu bersyukur, pasti Kami akan menambah (nikmat) kepadamu, dan jika kamu mengingkari (nikmat-Ku), maka sesungguhnya azab-Ku sangat pedih’” (QS. Ibrahim: 7).
Baca selengkapnya https://muslim.or.id/30031-jadilah-hamba-allah-yang-bersyukur.html

Comments