Kondangan Alone

Hari ini aku nemenin suamiku kondangan di pernikahan temen seangkatannya di Bandung. Sebenernya selain kondangan, suamiku ini juga dapet kehormatan (((kehormatan))) jadi groomsmen bareng temen seangkatan lainnya. Hal itu lah yang bikin kami berdua memutuskan weekend ini nunda jadwal jalan-jalan yang udah direncanakan sejak bulan Ramadan kemarin. Singkat cerita, aku juga ikut dateng dong ya di nikahan temen suamiku itu.

Sekitar jam 11 siang kami bergegas ke lokasi pernikahan. Tentunya setelah drama nyari selop dulu, walhasil karena ga ketemu, pake teplek deh aku - yang sebetulnya lebih nyaman daripada pake sepatu berhak > 3 cm. Sesampainya di lokasi, aku berinisiatif menawarkan ke suamiku biar gabung sama temen-temennya aja. Lagipula mereka pasti udah janjian sebelumnya. Suamiku awalnya ngajakin aku nimbrung aja diantara temen-temennya itu, tapi secara alamiah aku perlahan jadi krik-krik karena perlahan juga aku mulai ga ngerti mereka ngobrolin apa. Wkwkwk. Jadi aku memutuskan buat pergi keliling. Dan...tinggallah aku sendiri diantara kerumunan orang-orang tidak dikenal haha.

Sebetulnya aku ga keberatan kalo harus ke kondangan sendiri. Cuma sedetik dua detik pasti ada rasa kikuk tuh. Pas nyadar aku rada kikuk aku sok-sokan cuek deh, da gaada yang peduli juga kita mau keliling dan ngambil makanan apa aja kan, semua sibuk sama temen (dan makanan) masing-masing. Alhamdulillah, dengan modal cuek aku bisa melahap > 3 menu makanan dalam waktu singkat. Hal yang mungkin ga bisa dilakukan kalo kondangan ga sendirian.

Nah, buat siapapun yang terjebak dalam situasi 'kondangan sendirian' atau emang sengaja dateng sendiri, aku punya tips n trik biar 'kondangan sendirian' kamu ga sia-sia.

Yakinkan dirimu kalo kondangan sendirian itu gapapa banget. Kalo kamu dateng sendirian ke kondangan yang ada temen deket yang dikenal, janjian aja atau optimis aja bakal ketemu temen disana. Kalo gaada yang dikenal, yaudah feel free untuk keliling cari-cari makanan sesukamu. Tapi, kalo kondangan sendirian dan bakal ketemu temen yang kenal tapi ga deket banget, ini perlu dipertimbangkan. Antara kamu pilih kondangan yang singkat atau mending nitip aja deh.

Jangan keliatan bingung. Iya kita sok-sokan emang ada keperluan aja, jalan keliling booth makanan yang ada. Kalo udah dapet makanan syukur-syukur dapet kursi ya, kalo engga yaudah terpaksa standing partehhh.

Ikut menikmati jalannya acara. Sambil duduk dan makan tentunya ya, ikutin aja jalannya acara. Sesekali suamiku nengokin aku yang duduk terasing di pojokan terus kayak kasian gitu sama aku haha. Tapi aku yakinkan ke dia kalo aku baik-baik saja. Biar dia juga nyaman mau ngobrol dulu sama temen-temennya. Setelah beres acara makan-makan, aku menikmati tarian 'ding-ding ba ding-ding' sembari nungguin giliran salaman sama pengantin. Hihi.

Sesekali menyapa temen-temen partner kondangan kita. Pasti ada momen dimana suamiku ngenalin aku ke temen-temennya, jadi aku menyapa balik mereka seperlunya. Karena tadi suasana rame banget, jadi aku ga ngobrol banyak dan lanjut keliling.

Maklum aja. Kalo kita merasa kikuk karena mungkin ada satu-dua orang yang ngeliatin kita keliling sendirian, maklum aja. Maklumi mereka dan maklumi diri kita sendiri. Kalo mereka ada di posisi kita, mungkin mereka akan melakukan hal yang sama kok.

Nah, itulah tips n trik kondangan sendirian dari aku. Berkat itu semua hari ini aku bisa melahap makanan utama yang di prasmanan, tom yam goong, puding, buah, jus jambu, dan rujak. Sebenernya masih banyak menu lain tapi perut udah keburu penuh. Sebenernya masih ngincer sate padang sama soto, tapi yaudah daripada kepenuhan perutnya. Di saat-saat terakhir suami juga ngasih tau ada lontong kari yang enak, tapi udah abis kayaknya.

Jadi, buat yang harus kondangan sendiri, tenang aja. Di kasusku ini, mungkin aku bisa aja ngintilin suami nunggu kapan dia beres ngobrol sama temen-temennya, tapi aku memilih jalan lain...karena aku laper belum sarapan! Selain itu juga biar ga nempel terus sih, aku juga maklum kalo jarang ketemu sama temen pasti sekalinya ketemu pengen banyak ngobrol. Ini juga lanjut ketemuan di suatu tempat mereka tuh, makanya aku home alone dan end up ngeblog. 

Semoga buat kamu yang baca ini dan lagi ada di situasi yang harus kondangan sendirian, jadi makin mantap buat kondangan sendirian ya. Banyak makanan lho hihihi. Dan tentunya yang utama, niatkan untuk menghadiri undangan dari saudara kita. Camkan itu.

Comments