Bayiku 5 Bulan: Semua Masuk Mulut!


Si bayi hari ini udah 6 bulan lebih. But let's do the throwback ke usia 5 bulan. Usia dimana banyak benda sekitar yang menarik perhatiannya dan dimasukin ke mulut.

Memasuki usia 5 bulan bayiku udah lancar tengkurap tapi belum bisa balik terlentang. Meskipun begitu, dia udah mulai seneng diposisikan duduk sambil ditopang punggungnya. Kata DSA juga udah makin kuat punggungnya. Jadi sehari-hari aku dan suami udah mulai pangku dia sambil duduk. Kalau digendong udah bisa noleh kanan kiri, menandakan otot lehernya udah kuat. 

Saat kunjungan ke DSA di usia 5 bulan, BB si bayi terpantau di 6980 gram. Ya 7 kg deh pasnya. Hehehe. Kunjungan 5 bulan ini tujuan utamanya buat imunisasi DPT3, HiB3, IPV(Polio3), dan PCV2.

Selain motorik kasarnya, perkembangan kognitif dan sosial si bayi juga makin terlihat. Dia nangis kalau aku beranjak dari sisinya (jiah) meskipun cuma 2 meter aja masih kelihatan. Kalau baca dari Chais Play, hal itu disebut separation anxiety, pertanda bagus bahwa bayi sedang membangun kelekatan dengan pengasuh primernya. Dengan bapaknya juga sih, tapi lebih nampak ke aku sebagai ibu sekaligus pengasuh primernya karena sehari-hari banyak barengnya sama aku kalau si bapak lagi WFO. Atau mungkin juga karena chemistry ya. Haha. Somehow aku merasa bangga karena begitu dibutuhkan oleh bayiku. Karena semakin hari dia akan semakin mandiri and slow but sure will need me less :") Anyway, alhamdulillah, terima kasih Chais Play yang udah menemani hari-hari motherhood-ku sebagai ibu baru. Chais Play ini kontennya praktikal banget, misalnya edukasi yang simpel buat ibu dan ayah, materi parenting, permainan, sampai ke support buat para ibu biar terhibur dan semangat menjalani motherhood lyfe. Hehehe

Balik lagi ke perkembangan bayi. Si bayi sekarang bisa memegang dan meraih benda dengan sengaja. Bisa berkomunikasi lewat tawa, senyuman, tangisan, dan ocehannya lebih responsif. Kalau liat dirinya di cermin udah senyum. Oya, di usia 5 bulan ini kami juga sering bermain cilukba, selain seru buat dia (bisa ketawa riang) juga katanya bagus buat ngajarin konsep kepermanenan (seseorang atau suatu benda tetap ada meskipun nggak tampak di pandangannya). Ini praktikal banget apalagi kalau lagi ninggal bayi wudhu atau ke kamar mandi bentar, sambil nyanyi sih atau ngobrol, letting her know that I'm just around her. Tentunya sebelum beranjak, kasih tau dulu ke bayi "Dek ibu mau wudhu sebentar yah, nanti abis itu kita solat oke?". Btw kalau aku solat dia kutidurin di sajadah di sebelahku, terinspirasi dari suami hehe. Beberapa kali sempat solat sambil gendong karena nangis kalau diletakkan. Ya ampun, banyak banget kan pengalaman baru bersama bayi?

Nah, di usia 5 bulan ini bayiku juga udah makin sering nyusunya dan makin banyak. Si bayi juga udah suka pengen ikut makan kalau pas kebetulan digendong dan yang gendong lagi makan. Sehingga pas ke DSA aku nanya boleh nggak mulai dikenalin MPASI. Jawabnya..boleh! Yeay hehehe ibunya antusias banget. Ternyata emang exciting menjelang masa MPASI tuh. DSA membolehkan dengan alasan si bayi udah bisa duduk dengan bantuan, mulai kenalkan menu tunggal aja nanti 6 bulan menu lengkap. Cus deh beli pisang dan promina hihi. Alhamdulillah mau 4-5 sendok bayi meskipun awalnya kelihatan asing sama rasanya. Usia 5 bulan 1 minggu si bayi makan 2x sehari, lalu minggu depannya 3x, lalu pelan-pelan ada selingan. Referensi MPASI-ku dari buku-buku Mommyclopedia dr. Meta, SpA(K). Disitu udah dijelaskan secara padat, ringkas, dan jelas konsep, prinsip, dan sebagian teknisnya.

Setelah perkenalan MPASI, si bayi nyusunya nggak sesering sebelumnya. Dan meskipun udah mulai nyicip makanan, teether tetep dibutuhkan karena masih seneng banget masukin benda ke mulut dan suka gigit-gigit. Mungkin mau tumbuh gigi juga ya. 

Well..semoga setiap tahapan terlewati dengan baik dan kali ini semoga lancar tahapan MPASI-nya. Aamiin.

*Gambar diambil dari vectorstock.com

Comments