Bayiku 6 Bulan: MPASI Time


Gambar diambil dri www.vectorstock.com

Alhamdulillah...sampailah di postingan tentang bayiku yang berusia 6 bulan. Apa coba yang bikin excited para ibu di usia ini? Yap, MPASI! Aku pun begitu. Yang bikin excited tentang MPASI adalah acara masak-masak dan bikin menu. Juga foto-foto makanannya, liat postingan para ibu lainnya, alat-alatnya, semuanya😋

Tapi meskipun sibuk dengan MPASI, jangan lupa dengan pemantauan tumbuh kembangnya ya Bun. 

Seperti biasa, dengan tujuan sharing dan bikin kenang-kenangan buat diri sendiri, aku mau meringkas progres tumbuh kembang bayiku ya. Untuk bagian perkembangan, kali ini pakai format KPSP. Apa itu KPSP? KPSP adalah kuesioner pra skrining perkembangan yang digunakan untuk memantau perkembangan bayi. Lebih lengkapnya disini ya KPSP.

Pertumbuhan
PB 68cm
BB 7300gram
LK 45cm
Gigi mulai nongol yang insisor bawah kanan

Gerak kasar
Bisa balik terlentang dan bisa menggulingkan badan sampai tepi kasur. Bayiku pernah jatuh dari tempat tidur huhu. Alhamdulillah baik-baik aja, nangisnya sebentar karena kaget kayaknya.
Duduk tanpa bersandar beberapa detik. Duduk tanpa bersandar lebih lama dan meraih benda di sekitarnya, hampir menuju posisi merangkak.

Gerak Halus
Memegang sendok atau benda lainnya dan masukin ke mulut.

Bicara dan Bahasa
Tertarik kalau dibacain buku cerita
Seneng bermain cilukba
Penasaran dengan benda di sekitar
Suka main kresek dan bungkus sari roti
Berbicara 1 suku kata nya nya nya

Sosialisasi dan Kemandirian
Membalas senyuman

MPASI
Nah bayiku sebetulnya sudah mulai makan di usia 5 bulan 1 minggu. Karena sudah memenuhi tanda siap makan. Tapi masih latihan sih. Sehingga di usia 6 bulan mulai makan 'beneran' wkwk. Kami juga memulai MPASI homemade. Aku yang barely bisa masak ini beneran berusaha masak sejadi-jadinya. Menu pertamanya bubur nasi hati ayam. Dan...ga langsung berhasil. Buburnya pahit gara-gara bumbu dan ati tumisnya gosong. Alhamdulillah suami pengertian dan sigap banget jadi aku tetep semangat bikin-bikin menu lainnya. Dan...day by day I get better in cooking MPASI, yeay alhamdulillah.

Nah, itulah sekilas tentang tumbuh kembang bayiku di usia 6 bulan. As always, selalu ada hal baru yang bikin aku dan suami belajar, dan seru banget melewati itu bersama. Seru = suka duka gagal berhasil sedih senang, dan aneka rasa lainnya :")

Oiya, berhubung di postingan ini aku membahas MPASI dan KPSP, maka aku juga bikin postingan tersendiri tentang 2 materi itu. Check this out!

MPASI yang Benar dan Tepat
Pemantauan Perkembangan Anak dengan KPSP

Comments