MPASI yang Tepat Menurut IDAI

Istilah MPASI pasti sudah nggak asing bagi para ibu muda. Sejak jaman dulu sebelum ada internet, para ibu mengenal istilah MPASI melalui buku KIA yang berwarna pink. Inget banget jaman pemberian MPASI adek-adekku, buku KIA adalah resource yang praktis, ringkas dan lengkap. Aku juga suka baca, lho. Hehehe. Jadi, teori MPASI sudah ada dari dulu ya.

Nah, sekarang jamannya udah lebih canggih. Ada tv, internet dan buku. Jadi informasi tentang MPASI pasti udah banyak dan beragam. Tapi, saking beragamnya kadang banyak informasi yang simpang siur. Misalnya, yang sering kutemukan nih:
- Mana yang tepat, MPASI 4 bintang atau MPASI berapa bintang?
- Menu tunggal atau menu lengkap?
- Madu boleh nggak untuk bayi?
dan banyak lagi yang lainnya.

Oleh karena itu, yuk kita edukasi diri kita tentang MPASI dengan informasi yang tepat dari ahlinya. Dalam hal ini, ahlinya adalah dokter spesialis anak, dengan subspesialisasi nutrisi dan metabolik. Perlu banget kita tahu seluk beluknya karena MPASI adalah salah satu komponen penting dalam membangun fondasi kehidupan seorang anak.

Nah, ternyata IDAI (Ikatan Dokter Anak Indonesia) menerbitkan pedoman tentang MPASI, lho. Gratis dan bisa didownload di website IDAI, bisa diklik disini ya Panduan Pemberian MPASI (IDAI) Isinya pun hanya 18 halaman, sangat praktikal, ringkas dan lengkap. Buat yang pengen baca cepet, bisa banget. Ini nih cover bookletnya.

Kenapa sih bayi perlu Makanan Pendamping ASI?
Karena mulai usia 6 bulan, makanan bayi nggak cukup dari ASI saja. Tubuhnya tambah besar, otaknya makin berkembang, fisiknya makin aktif. Sehingga perlu ada asupan lain untuk mendukung tumbuh kembangnya untuk mendampingi ASI.


Strategi Pemberian MPASI


Kapan MPASI Mulai Diberikan?
Ketika muncul tanda siap makan, yang biasanya dijumpai sekitar usia 6 bulan. Jadi..nggak harus tepat 6 bulan, karena acuannya adalah tanda alamiah siap makan yang muncul di usia 4-6 bulan.

Tahapan Pemberian MPASI 




Usia 6 bulan


Usia 6-9 bulan


Usia 9-12 bulan


Usia 12-24 bulan


Persiapan dan Penyimpanan


Ketika Anak Sulit Makan


Strategi Makan


Hal-Hal yang Harus Diperhatikan


Semua uraian di atas bisa kita baca di booklet dari IDAI yang bisa didownload gratis. Materi dalam booklet tersebut juga bersumber dari panduan internasional seperti WHO, American Academy of Pediatrics, USDA, UNICEF, NHS, dan lainnya.

Menarik yah bookletnya? Warna-warni dan mudah dimengerti. Terima kasih untuk IDAI khususnya untuk tim UKK Nutrisi dan Penyakit Metabolik. Alhamdulillah akses terhadap informasi sudah semakin mudah, khususnya tentang MPASI yang tepat. Jadi harapannya kita nggak termakan hoax atau misinformasi apalagi mitos yang keliru ya 😉 

Comments